Selamat Datang di www.pengingatku.blogspot.com

Tuesday 18 December 2012

Kisah Pemberian Nama Anakku Sayang

Hai papa’s n mama’s bloggers, apa kabarnya nih? Semoga papa’s n mama’s bloggers sehat-sehat semua. Gimana nih, papa’s n mama’s bloggers udah pada punya momongan belum? Saya harap udah ya. Bagi yang belum saya doain moga cepet diberikan kepercayaan untuk punya momongan. Bagi yang tinggal nungguin kelahiran, saya doakan juga moga nanti persalinannya lancar. Amin. Buat papa’s n mama’s bloggers, saya mau share dikit yach! Hitung-hitung buat berbagi pengalaman n turut menambah khasanah pemberian nama anak Indonesia.

Papa’s n mama’s bloggers, Alhamdulillah saya dan istri saya baru saja dikaruniai seorang putri yang sangat cantik. Nama putri pertama kami….???? Ntar ya……ditunda dulu penasarannya. Saya mau nyeritain dulu proses kejadian kelahiran putri pertama kami, sebab peristiwanya menurut saya sangat dramatic sekali. He…he…narsis ya….Gini loh, waktu istri saya dah hamil enam bulan saya dan istri saya periksa ke Klinik Mama yang ada di Palembang. Pas diperiksa (USG), ternyata posisi anak kami sungsang katanya. Tapi kata dokternya sih, posisi anak kami masih bisa muter kok soalnya emang posisi bayi sering gak mantep.…Waktu istri saya hamil delapan bulan saya USG lagi. Eh, ternyata posisi bayi dalam kandungan istri saya masih sungsang. Wah…saya jadi galau nih. Saya putuskan untuk diurut ke tukang urut buat muterin sang bayi dalam perut istri saya. Kebetulan nenek saya seorang tukang urut. Pas diurut eh ternyata kata nenek saya gak bisa diputer lagi soalnya bayinya udah lumayan gede sih. Ya udah, tinggal berharap mukjizat aja siapa tahu bayinya bisa muter lagi soalnya kata dokter posisinya masih ada harapan untuk muter asal istri sering sujud yang lama. Perlu saya tambahin, waktu USG dokter belum bisa mastiin jenis kelamin anak saya soalnya posisinya sungsang sih, jadi rada-rada kabur gitu. Tapi kata dokter kemungkinan anak saya perempuan dan lahirnya sekitar tanggal 12 November 2012.

Hari Sabtu tanggal tiga November 2012, saya pergi mudik ke tempat istri saya karena kami masih tinggal di tempat mertua di Tanjung Enim, lebih kurang lima jam perjalanan dari kota Palembang. Rencananya tanggal lima saya baru mau ngajak istri saya ke Palembang buat ngelahirin di Palembang. Hari Minggu tanggal empat November, pukul 22.00 waktu lagi tidur nyenyak, istri saya mbangunin katanya udah keluar flek-flek. “Wah…kayaknya udah gak beres nih” pikirku. Besok pagi hari Senin tanggal lima November 2012, sebelum ke Palembang saya putuskan untuk periksa dulu ke bidan demi keselamatan dan yang terpenting buat mastiin kalau istri saya gak apa-apa. Pas ke bidan, eh ternyata kata bidan udah bukaan tiga. Waduh….jadi galau lagi nih. Tapi kata bidannya mungkin lahirnya masih sekitar jam tiga atau jam empat sore. Pikirku kalau begitu kami tetep ke Palembang aja naik travel biar lebih cepet. Saya langsung mesen travel. Pas mau berangkat kakak perempuan saya nelpon katanya jalan menuju Palembang macet total. Mobil gak bisa jalan dan gerak sama sekali. Waduh…galau lagi deh. Ya wudah saya putusin bawa istri saya ke rumah sakit umum Robain Muara Enim aja. Sampek sana langsung masuk UGD. Langsung ditanganin dan diperiksa oleh susternya. Ternyata emang udah bukaan tiga. Pukul 10.00 dokter datang dan langsung meriksa, pas diperiksa udah mau masuk bukaan empat. Tapi berhubung usia kandungannya masih belum genap sembilan bulan, kata dokter perlu dikasih obat penahan dulu biar genapin jadi sembilan bulan. Soalnya berat badan si Bayi juga msih kurang, takutnya lahirnya prematur gitu. Ok deh, gak pp. Istri saya dikasihlah obat penahan. Pukul 22.30 ternyata istri saya mules-mules….sakitnya luar biasa. Langsung aja istri saya masuk UGD lagi. Pas diperiksa udah bukaan empat. Wah….bakal lahiran nih….jadi galau lagi. Soalnya saya dan istri belum siap apa-apa. Nama belum disiapin, perlengkapan bayi ada di Palembang semua. Mau lahiran aja terpaksa pinjem kain sama tetangga. Untuk perlengkapan bayi terpaksa pinjem juga ama tetangga. Soalnya mau beli udah pada tutup semua. Pukul 01.30 ditengah hujan lebat, alhamdulillah istri saya negalhirin dengan normal. Untung dokter yang membantu persalinan istri saya udah biasa nanganin posisi anak yang sungsang. Jadi bisa lahir normal nih papa’s n mama’s bloggers. Pas dilahirin ternyata anak saya seorang cewek. Alhamdulillah seneng banget rasanya. Soalnya saya udah bisa bernafas lega. Gak deg-degan kayak waktu istri mau ngelahirin tadi.

Tapi tiba-tiba saya jadi galau lagi papa’s n mama’s bloggers soalnya nama untuk anak saya kan belum ada. Belum sempet dicariin. Mau nyari nama jauh-jauh hari kata orang-orang dulu pamali. Mau asal-asalan ngasih nama, inikan nama yang mau dipakek seumur hidup. Jadi perlu ditimbang secara matang. Lagian kata orang nama adalah doa, jadi perlu dicariin nama yang terbaik agar anak saya kelak dapat sesuai dengan yang diharapkan.

Untuk nyariin nama buat anak kami, terpaksa kami minta bantuan mbah google. Dari hasil pencarian, kami tertarik namain anak kali dengan nama Radhiyyah Zahra Lisalam. Setiap unsur nama anak kami tersebut asal katanya berasal dari bahasa Arab. Radhiyyah artinya pandai atau pintar. Dengan harapan kelak anak kami dapat menjadi putri yang pandai; Pandai dalam segala hal; pandai intelektualnya, pandai dalam bergaul, pandai dalam bertingkah laku, dll. Kata yang kedua adalah Zahra, artinya bunga atau yang berseri-seri. Dengan harapan kelak anak kami menjadi anak yang cantik, ayu, selalu berseri-seri, bahagia baik di kala suka maupun duka. Kata yang ketiga adalah Lisalam. nah kata yang satu ini agak sedikit special papa’s n mama’s bloggers. Kata Lisalam terdiri dari dua unsur, yaitu Lis dan Alam. Lis berasal dari nama ibunya, Lies Maryati disingkat Lis sedangkan Alam adalah nama bapaknya Alamsari disingkat Alam. Jadi digabungin menjadi Lisalam. Tapi kata Lisalam itu sendiri dalam bahasa Arab ada artinya loh papa’s n mama’s bloggers. Li artinya untuk atau kepunyaan sedangkan Salam artinya keselamatan atau kebahagiaan atau kesejahteraan. Jadi digabungin Lisalam artinya untuk keselamatan atau kesejahteraan. Dengan harapan anak kami kelak dapat menjadi anak yang selamat atau sejahtera baik dunia maupun akhirat dan baik bagi dirinya sendiri maupun mampu membawa keselamatan dan kesejahteraan untuk sesamanya. Jadi Radhiyyah Zahra Lisalam mengandung makna seorang anak (putri) yang cantik berseri-seri dan selalu berbahagia serta pandai dalam segala hal, dan juga selalu dinaungi keselamatan dan selalu mendapat kesejahteraan baik di dunia maupun di akhirat. Amin. Doain ya papa’s n mama’s bloggers moga apa yang diharapkan dibalik pemberian mama untuk putri kami bisa terkabul.

Oh ya, berhubung bentar lagi ada mb kita; mba Armita mau lahiran, saya mau ngajuin sebuah nama untuk anak beliau. Dari deskripsinya anaknya cowok loh. Jadi buat mb Armita nama yang cocok Fatih Anwar Putra. Fatih berasal dari bahasa Arab yang artinya pemenang. Dengan harapan kelak sang anak akan selalu menang dalam kehidupannya. Anwar berasal dari bahasa Arab yang artinya yang bercahaya atau yang bersinar-sinar. Dengan harapan kelak kehidupan anaknya selalu terang (bahagia). Putra berasal dari bahasa Indonesia yang artinya laki-laki. Dengan harapan kelak anaknya akan menjadi seorang laki-laki sejati.



“BEAUTIFUL NAME FOR SMART BABY by Armita Fibriyanti”

2 comments:

  1. perjuangan ya Pak harus melahirkan di luar tempat yang kita perkirakan..

    selamat atas kelahiran putrinya ya, saya sedang dag dig dug nih, umur kehamilan udah 36 minggu. ohya kalau boleh tau, adik bayi dulu lahir umur berapa minggu Pak?

    Makasih ya

    ReplyDelete
  2. Nama Anaknya cantik Pak, InsyAllah bulan dpn Istri sy akn mlhirkan, Smoga Allah permudah segala sesuatunya.

    ReplyDelete

Jangan lupa komentarnya ya! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan!