Selamat Datang di www.pengingatku.blogspot.com

Wednesday 3 December 2014

SEBAIKNYA KAMU TAHU!

SEBAIKNYA KAMU TAHU!" 

Minggu pagi cerah. Hatiku bahagia. Saatnya santai dan liburan. Mari kita rehat sejenak melupakan kepenatan dari aktivitas kita di hari sebelumnya. Eits, tetapi jangan kebablasan ya! Soalnya, kalau kebablasan nanti hari Seninnya terasa berat loh. Senin memang hari yang sulit untuk memulai aktivitas.
Hem! Sebaiknya kamu tahu? Tahu apa ya? Sebenarnya antara penting dan tidak penting sih. Buat guru-guru yang suka nulis artikel opini, bisa dicoba kirim ke surat kabar Tribun Sumsel atau Sumatera Ekspres. Kalau ke Tribun Sumsel cukup kirim lewat email saja ke redtribunsumsel@yahoo.com. Nah, kalau mau ngirim ke Sumeks bawa langsung tulisan print outnya dan soft filenya ke graha sumeks terus langsung minta ketemu sama redaktur opininya. Lumayan loh! Kalau tulisan kita dimuat di Tribun bakal dapet duit 100 ribu. Kalau di Sumeks kalau gak salah 150 ribu. Lumayankan. Selain dapet duit dapet juga kredit pointnya. Nah, kalau kamu belum pernah kirim artikel opini ke Tribun, yuks buruan kirim. Peluang dimuatnya guede loh. Soalnya Tribun mengutamakan penulis lokal yang tulisannya belum pernah terbit di Tribun. Jadi intinya, tulisan kamu sebenarnya sudah positif bakal dimuat di Tribun selama memang tulisan kamu belum pernah dimuat sebelumnya. Nah, kalau Sumeks, kamu harus ketemu langsung dengan redakturnya. Soalnya, kalau tidak ketemu langsung maka tulisan kamu bakal ndak jelas nasibnya. 


"SEBAIKNYA KAMU TAHU DAN BISA!"
Sore yang ceriah. Sudah pada mandi belum? Yuks, kita santai sejenak.
Sebaiknya kamu tahu dan bisa? Loh, tahu apa? bisa apa? Hem! Tahu apa ya? Bisa apa ya? Tahu dan Bisa nulis maksudku.
Ah, nulis, gak penting? Really? Ya sih. Sepele kelihatannya. Bagi kebanyakan guru, menulis agak kurang penting. Menulis dipandang sebelah mata. Sebagian lagi menganggap menulis hal yang gampang.
Hem! Menulis itu menurutku susah loh. Prosesnya panjang dan memakan waktu. Tulisan paling cepat yang kubuat waktunya 2 jam. Tulisan yang paling lama kuselesaikan waktunya 3 bulan. Hem! Itu pun, hasil tulisanku belum berkualitas. Ayo, siapa yang sudah punya tulisan? Siapa pula yang sudah pernah dipublish? Tahukah kamu, menulis bisa menjadikan guru kaya loh. Loh, kok bisa? Ya! Bisa dong. Kamu nulis dan kirim sebanyak-banyaknya ke media massa lokal maupun nasional. Contoh, tulisan opini di kompas dibayar 1,5 juta. Wow! Gede kan. Bayangkan kalau 5 saja tulisanmu dimuat sudah berapa duit kamu dapatkan? Seorang temanku cerpenis dalam sebulan dia bisa mendapat duit 10 juta hanya dari menulis cerpen.
Nah, kita tidak perlu sejauh itu. Duit memang bisa jadi motivasi tetapi ia bukan tujuan akhir kita. Guru sebenarnya wajib menulis. Wajib! Apalagi berlakunya PKG mengharuskan guru untuk selalu menulis. Menulis apa saja. Yang penting menulis. Untuk tahap awal kamu bisa menulis di status facebook mu seperti yang saya lakukan ini. Buktikan khasiatnya. Kamu akan mendapati kemampuan menulismu meningkat.

No comments:

Post a Comment

Jangan lupa komentarnya ya! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan!