Saturday, 13 February 2016

LOMBA GURU 2016

Salam buat teman-teman guru semuanya. Apa kabarnya? Mungkin sebagian besar dari teman-teman sudah tidak sabar menanti kapan info dimulainya berbagai perlombaan buat guru-guru di berbagai jenjang di bawah naungan Kementerian Pendidikan. Kalau melihat tahun 2015 lalu, berbagai lomba guru Kementerian Pendidikan biasanya dimulai sekitar akhir Februari atau sekitar bulan Maret. Kemungkinan untuk tahun 2016 ini juga sama sekitar bulan tersebut.
Sembari menunggu info resmi kapan perlombaan guru Kementerian Pendidikan dimulai, ada baiknya kita mempersiapkan diri sedini mungkin dulu yuk agar nanti ketika pelaksanaan lomba dimulai, kita sudah memiliki amunisi dan sudah siap dengan karya tulis terbaik kita.

Berdasarkan tahun 2015 lalu, setidaknya ada beberapa perlombaan guru yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, yakni:
1. Lomba Kreativitas Guru (LKG)
Lomba ini biasanya boleh diikuti oleh semua guru baik jenjang SD/SMP/SMA/SMK. Akan tetapi, pada tahun 2015 lalu khusus Lomba Kreativitas Guru (LKG) tingkat SMA/SMK dihilangkan karena alasan tertentu.Jumlah finalis yang biasanya dipanggil untuk presentasi sekitar 40 guru meliputi berbagai bidang dan jenjang.


2. Lomba Inovasi Belajar Guru (INOBEL)
Lomba ini biasanya diikuti oleh guru di jenjang SD, SMP reguler, dan SMP terbuka. Jumlah finalis yang biasanya dipanggil untuk presentasi sekitar 100 guru meliputi berbagai bidang. Selain jumlah finalisnya yang banyak hadiahnya juga fantastis loh. Semua guru yang masuk finalis akan mendapatkan Laptop dan uang tunai dengan jumlah jutaan.

3. Lomba Best Practice Guru (Best Practice)
Lomba ini biasanya hanya diikuti oleh guru jenjang SMA/SMK. Jumlah finalis yang biasanya dipangggil sekitar 100 guru. Nantinya akan dipilih sepuluh peserta best practice terbaik yang akan mendapatkan uang jutaan rupiah.

4. Lomba Guru Berprestasi (Gupres)
Lomba ini diikuti oleh semua guru di berbagai jenjang. Seleksi biasanya diadakan mulai dari tingkat kabupaten, provinsi, baru ke tingkat nasional. Lomba ini tergolong lomba yang sangat bergengsi mengingat lomba ini dapat dikatakan sebagai puncaknya prestasi guru.

5. Forum Ilmiah Guru (FIG)
Lomba ini biasanya diikuti oleh semua guru dari berbagai jenjang. Seleksi diadakan mulai dari tingkat kabupaten, provinsi, hingga nasional. Namun kalau tidak salah pada tahun 2015, entah mengapa untuk lomba FIG tingkat nasional tidak diadakan.

6. Lomba Guru Konstitusi 
Lomba ini biasanya hanya boleh diikuti oleh guru PPKn dari berbagai jenjang. Lomba ini dilaksanakan mulai dari tingkat kabupaten, provinsi hingga nasional. Lomba ini merupakan kerjasama antara Mahkamah Konstitusi dengan Kementerian Pendidikan. Namun hadiahnya tidak se wah lomba-lomba lainnya. 

7. Simposium Guru
Nah! Lomba yang satu ini baru dilaksanakan mulai 2015 lalu. Simposium guru ini boleh diikuti oleh semua guru di berbagai jenjang baik di bawah Kementerian Pendidikan maupun Kementerian Agama. Finalis yang dipanggil untuk presentasi dalam lomba ini sekitar 200 guru. Setiap finalis akan mendapatkan laptop dan uang tunai. Berdasarkan bisik-bisik tetangga, lomba Simposium Guru ini masih akan dilaksanakan akan tetapi dengan sistem seleksi yang berbeda dari sistem seleksi tahun 2015 lalu.

8. Penghargaan Sastra Untuk Pendidik
Lomba yang satu ini biasanya dikhususkan untuk guru yang mengajar Bahasa dan Sastra. Untuk mengikuti lomba ini, guru yang berminat cukup mengirimkan karyanya baik cerpen maupun puisi dengan jumlah karya minimal lima karya. Nantinya akan diambil sekitar enam orang guru yang akan mendapatkan Penghargaan Sastra Untuk Pendidik ini. 

Selain berbagai lomba di atas, ada banyak lomba guru lainnya yang dilaksanakan oleh berbagai lembaga maupun instansi, seperti:
1. Lomba Inovasi Guru IPA (biologi, kimia, fisika) yang diadakan oleh SEAMEO QITEP. Lomba ini berhadiah sangat fantastis.
2. Lomba Inovasi Guru Matematika yang diadakan oleh P4TK Matematika. Lomba ini juga sangat bergengsi bagi guru Matematika.
3. Lomba Aplikasi Mobile Learning yang diadakan oleh M-Edukasi Kementerian Pendidikan. Empat puluh finalis akan mendapatkan hadiah uang tunai.
4. Lomba Penulisan Artikel yang diadakan Kementerian Pendidikan. Biasanya hanya akan dipilih tiga pemenang saja. Tulisan yang dikirim sesuai tema dan harus sudah pernah dimuat di media massa cetak.



12 comments:

  1. (y) keren infonya :D salam kenal

    ReplyDelete
  2. Terimakasih atas informasinya.

    ReplyDelete
  3. udah juni nih belum ada kabar kabar ya?

    ReplyDelete
  4. Maaf, untuk inobel pengumpulan naskahnya sampai tgl berapa dan maksimal berapa halaman? Terimakasih

    ReplyDelete
  5. Maaf, untuk inobel pengumpulan naskahnya sampai tgl berapa dan maksimal berapa halaman? Terimakasih

    ReplyDelete
  6. apakah untuk thn 2016 ini lomba best practice untuk pengawas sekolah masih dilaksanakan? mohon informasi


    ReplyDelete
    Replies
    1. masih,,, ini linkx http://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/09/lomba-bestpractice-kepala-sekolah-dan-pengawas-sekolah

      Delete
  7. jika masih tgl berapa paling lambat pemgiriman naskah. terima kasih.

    ReplyDelete
  8. Ya selamat berkreasi dibidang masing semoga lebih berkualitas shg peserta didik kita menjadi lebih berkualitas juga . salam dari I wayan mustika

    ReplyDelete

Jangan lupa komentarnya ya! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan!