Monday, 13 March 2017

OLEH-OLEH WORKSHOP PENULISAN JURNAL GURU DIKDAS BERPRESTASI


Menaiki maskapai penerbangan Lion Air, saya dan teman saya Sunardi (Sungai Lilin) bertolak dari Palembang menuju Medan setelah sebelumnya transit di Batam. Pukul 11.00 WIB, kami tiba di Bandara Kualanamu. Selanjutnya kami bergegas menuju lokasi Hotel Polonia Medan. Lokasi hotel yang dimaksud rupanya cukup jauh dari bandara. Saya baru tahu kalau Bandara Kualanamu letaknya di kabupaten lain sehingga untuk menuju hotel Polonia Medan membutuhkan waktu sekitar satu jam lebih. 
Selama perjalanan, saya dan teman saya cukup menikmati pemandangan sekitar. Cukup banyak objek menarik yang dapat menyegarkan mata. Apalgi keramahan dan kesupelan si abang sopir juga membuat perjalanan yang cukup jauh tersebut menjadi terasa dekat.
Pukul 12.30 WIB, kami pun tiba di Hotel Polonia. Segera saja kami melakukan registrasi kedatangan di meja panitia. Setelah itu, kami memilih untuk makan terlebih dahulu karena perut kami sudah terasa begitu lapar. Sehabis menyantap makan siang, kami bergegas menuju kamar hotel untuk beristirahat sejenak sebelum nanti mengikuti pembukaan pukul 16.00 WIB.

Pukul 16.00 WIB, semua peserta telah berkumpul di ruangan untuk mengikuti pembukaan kegiatan. Kegiatan yang diadakan kali ini terdiri dari dua jenis, yakni Kegiatan Workshop Penulisan Jurnal bagi Guru Dikdas Berprestasi dan Kegiatan Sosialisasi Lomba Guru Dikdas bagi kepala bidang di lingkungan dinas pendidikan masing-masing kabupaten/kota. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan selama empat hari mulai tanggal 13--16 Maret 2017.
Dalam pembukaan dipaparkan sekilas tentang gambaran secara umum kondisi pendidikan di Indonesia. Dari paparan perwakilan Dirjen GTK, Kementerian Pendidikan khususnya subdit Kesharlindung GTK terus berupaya untuk melakukan perbaikan dan meningkatkan kualitas guru dalam berbagai macam bentuk, diantaranya dengan memberikan apresiasi kepada guru berprestasi, dan dengan melakukan kegiatan workshop ataupun memberikan bantuan bagi KKG/MGMP di seluruh Indonesia.

Wrkshop Penulisan Jurnal Bagi Guru Dikdas Berprestasi
Peserta Workshop penulisan jurnal ini diikuti oleh 65 orang peserta dari berbagai guru berprestasi dan finalis lomba inovasi pembelajaran yang ada di wilayah region Sumatera, DKI Jakarta, dan Jawa Barat. Kegiatan ini adalah kegiatan pertama (gelombang I) dan akan dilaksanakan kegiatan serupa (gelombang II) di region yang telah ditentukan dengan peserta yang berbeda. 
Tujuan dilaksanakan workshop ini adalah untuk memotivasi para guru Dikdas agar mempublikasikan tulisan karya ilmiahnya dalam bentuk jurnal. Selain itu, diharapkan tulisan jurnal karya tulis yang dibuat diharapkan dapat berkualitas.
Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah:
1. Terkumpulnya artikel guru yang layak muat di jurnal
2. Meningkatnya kemampuan guru dalam menulis jurnal
3. meningkatnya motivasi guru dalam mempublikasikan karyanya
4. Terdiseminasinya karya ilmiah guru berprestasi dan finalis lomba inovasi pembelajaran.

Materi Jurnal dan Pengelolaannya
Pukul 19.00 WIB, kami telah berkumpul kembali di ruangan untuk mengikuti materi pertama. Materi pertama mengenai Jurnal dan Pengelolaannya disampaikan oleh Prof. Dr. Siti Masitoh, M. Pd. Dalam penyampaiannya Ibu Masitoh mengenalkan kepada kami mengenai konsep jurnal ilmiah dan berbagai macam jenisnya.
Jurnal Ilmiah hakikatnya adalah majalah publikasi yang memuat artikel ilmiah dan diterbitkan berkala. Jurnal ilmiah sendiri terdiri dari dua jenis, yakni jurnal lokal, provinsi, nasional, dan internasional. Semakin tinggi level jurnal tersebut maka semakain kompleks pula kriteria penulisan artikel jurnalnya. Jurnal Nasional misalnya, untuk dapat dikatakan sebagai jurnal nasional maka setidaknya jurnal tersebut harus memiliki beberapa kriteria, yakni memiliki ISSN, terbit berkala minimal dua kali setahun, memiliki acuan penulisan, dan memiliki mitra bestari yang pakar di bidangnya. Dan yang paling penting, karya yang dimuat di jurnal tersebut haruslah bervariasi dari berbagai daerah dan berbagai profesi di Indonesia.
Dalam pemaparannya, Ibu Masitoh menekankan kepada kami khusunya guru untuk selalu menulis di jurnal. Menulis artikel di jurnal adalah bagian dari tanggung jawab guru dalam pembelajarannya. Guru profesional haruslah senantiasa menulis dan mempublikasikan karyanya untuk menambah pengetahuan atau wawasan guru lain yang membacanya. Ada banyak keuntungan ketika tulisan seorang guru dimuat di Jurnal Ilmiah diantaranya yakni
1. guru akan semakin profesional dalam bidangnya.
2. Guru akan mengangkat kualitas sekolah
3. Hasil karya guru akan mendapatkan perlidndungan hak cipta
4. Sebagai arsip bagi guru
5. Dapat digunakan sebagai bahan kenaikan pangkat guru.

No comments:

Post a Comment

Jangan lupa komentarnya ya! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan!