Selamat Datang di www.pengingatku.blogspot.com

Sunday 31 December 2017

TENTUKAN RESOLUSIMU!

Apa Resolusimu, Guru?


Apa resolusimu? Guru harus tahu. Resolusi itu perlu. Menyambut tahun baru, hidup juga harus baru. Nabi Muhammad pernah bersabda "Orang yang merugi adalah orang yang hari ini sama dengan hari kemarin". Menyambut tahun baru, perlu ada resolusi agar hidupmu menjadi lebih baik dari tahun kemarin. Dalam hal ini resolusi yang perlu dirancang adalah segala aktivitas yang berkaitan dengan profesi kita sebagai seorang guru, bisa berhubungan dengan peningkatan profesional ataupun pengembangan diri. Dalam hal peningkatan profesional, guru dapat merancang resolusi dalam pembelajaran di kelas, peningkatan kualitas diri, atau juga hal-hal yang berkaitan dengan upayanya dalam hubungannya dengan kinerja sebagai seorang guru. Dalam hal pengembangan diri, guru dapat menetapkan beberapa targetan, misalnya ikut pelatihan, ikut lomba, atau menulis. 
Mengapa resolusi guru perlu? Melalui resolusi paling tidak perjalanan hidup kita dalam satu tahun ke depan akan lebih terarah. Dengan aktivitas yang terkontrol tentu segala yang dicita-citakan akan dapat tercapai. Tentu saja harus dengan komitmen dan tekad yang kuat. Sebab tanpanya, percuma saja menetapkan resolusi, toh pada akhirnya tidak akan tercapai karena luntur di tengah jalan. 
Sebagai guru yang profesional, resolusi guru adalah sebagai penandanya. Ia adalah pembeda dengan guru biasa pada umumnya. Resolusi guru adalah indikator pencapaian terget kinerjanya. Semakin banyak resolusinya maka semakin baik gurunya. Semakin banyak ketercapaiannya maka semakin profesional gurunya. Semoga di tahun baru nanti kita mampu menjadi lebih baik lagi. Jayalah guru Indonesia. Majulah pendidikannya. Amin.


KILAS BALIK PENCAPAIAN 2017

"Demi masa sesungguhnya manusia berada dalam kerugian". Menyambut tahun baru 2018, ada baiknya kita melakukan hisab atas pencapaian diri yang telah kita lakukan selama satu tahun sebelumnya. Refeleksi diri penting. Melalui refleksi, kita dapat menakar apakah kita termasuk orang yang merugi ataukah tidak. Melalui refleksi, kita dapat menakar kualitas diri. Melalui refleksi kita dapat membuat resolusi untuk tahun berikutnya. Lalu apa pencapaian yang telah kita lakukan? Selama tahun 2017, Alhamdulillah setidaknya saya telah melakukan beberapa pencapaian yang melampaui pencapaian saya di tahun sebelumnya. Jika di tahun 2016 saya hanya mampu menghasilkan 5 tulisan di media massa, masuk finalis lomba tingkat nasional, dan juara 3 lomba menulis tingkat nasional, maka Alhamdulillah di tahun 2017 ini saya dapat melakukan pencapaian yang lebih baik, yakni saya mampu menghasilkan 8 tulisan di media massa, 2 kali menjadi finalis lomba tingkat nasional, dan berhasil menjadi top 10 lomba menulis tingkat nasional. Semoga di tahun 2018 saya dapat melakukan yang lebih baik lagi dari tahun 2017 ini. Amin. Jadi bagaimana pencapaianmu di tahun sebelumnya?

(Yuk, tuliskan resolusmu!)

No comments:

Post a Comment

Jangan lupa komentarnya ya! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan!