Selamat Datang di www.pengingatku.blogspot.com

Saturday 19 September 2015

OLEH-OLEH PELATIHAN TIM PENGEMBANG KURIKULUM (TPK) KAB/KOTA SE SUMSEL 2015 (bagian 2)

Pada hari kedua, Sabtu/ 19 September 2015 kami melanjutkan pelatihan TPK. Pada pertemuan kedua ini disampaikan materi umum tentang Manajemen Kurikulum Sekolah Menengah Pertama (SMP). Materi tersebut disampaikan oleh ibu Hertati dari Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel. Materi tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP) dan penjelasan berkaitan dengan kurikulum. 

Dalam penjelasannya, Ibu Hertati menyampaikan bahwa manajemen sangat penting karena sebagai melalui manajemen yang baik maka sekolah akan dapat berjalan dengan baik. Fungsi manajemen terbagi menjadi empat, yakni Palnning, Organizing, Actuating, Controlling. Pada tahap Plannning kepala sekolah merencanakan kegiatan manajemen sekolah bersama guru-guru dan
warga sekitar (stakeholder). Pada tahap Pelaksanaan, kepala sekolah harus memastikan agar proses pelaksanaan pembelajaran di sekolah berjalan dengan baik. Pada tahap Pengawasan, kepala sekolah harus memantau tugas guru dengan baik dan mencari solusi atas masalah yang dihadapi. Pada tahap evaluasi, kepala skolah harus mengetahui apakah kurikulum telah diterapkan dengan baik atau tidak disertai dengan data-data yang mendukung.

Dalam proses manajemen sekolah dikenal istilah Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Prinsip-prinsip manajemen berbasis sekolah (MBS) adalah pengelolaan sekolah berdasarkan kekhasan sekolah yang tetap dilaksanakan dalam koridor pendidikan nasional.


No comments:

Post a Comment

Jangan lupa komentarnya ya! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan!