Selamat Datang di www.pengingatku.blogspot.com

Wednesday 1 June 2016

PELATIHAN GURU SASARAN PELAKSANA KURIKULUM 2013 JENJANG SMP REGIONAL VI SUMSEL TAHUN 2016

Mulai tanggal 31 Mei s.d. 5 Juni 2016 dilaksanakan Pelatihan Guru Sasaran Pelaksana Kurikulum 2013 untuk jenjang SMP yang diadakan oleh LPMP Sumatera Selatan. Pelatihan itu sendiri serentak di tujuh regional yang meliputi berbagai kabupaten/kota yang ada di Sumatera Selatan. Khusus regional 6, pelatihannya dipusatkan di SMPN 1 Indralaya Kabupaten Ogan Ilir. Peserta pelatihan berasal dari 20 sekolah sasaran yang tersebar dari tiga kabupaten/kota, yakni 7 sekolah dari Kabupaten Ogan Ilir, 12 sekolah dari Kabupaten Ogan Komering Ilir, dan 1 sekolah dari Kota Prabumulih.
Peserta pelatihan meliputi sepuluh mata pelajaran, yakni mapel Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, PPKn, Matematika, IPA, IPS, Penjaskes, Seni Budaya, Prakarya, dan Agama.
Suasana Pelatihan Guru Sasaran Jenjang SMP Mapel Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris


Pelatihan Guru Sasaran merupakan tindak lanjut dari pelatihan-pelatihan yang telah dilaksanakan sebelumnya. Sebelum sampai pada pelatihan Guru Sasaran, setidaknya telah dilaksanakan beberapa pelatihan pendahulunya, yakni Pelatihan Instruktur Nasional, Pelatihan Instruktur Provinsi, dan Pelatihan Instruktur Kabupaten/Kota.
Pelatihan tersebut diisi oleh Instruktur Kabupaten yang telah mengikuti ToT Instruktur Kabupaten beberapa waktu sebelumnya. Instruktur yang diutus adalah instruktur yang lulus dan memiliki sertifikat sebagai Instruktur Kabupaten.
Saya sendiri Alahmdulillah diberikan kepercayaan untuk menjadi Instruktur Kabupaten yang mengisi dalam kegiatan itu. Ada 12 orang Instruktur Kabupaten yang dilibatkan yang berasal dari 3 kabupaten/kota, yakni 6 orang instruktur dari Kab. Ogan Ilir, 2 orang instruktur dari Kota Prabumulih, dan 2 orang instruktur dari Kab. Ogan Komering Ilir.
Tujuan dilaksanakan pelatihan kepada guru sasaran adalah untuk memfasilitasi guru dan kepala sekolah agar memperoleh dan atau meningkatkan kompetensinya dalam hal penyusunan RPP, instrumen penilaian, melaksanakan pembelajaran saintifik, melaksanakan penilaian, mengelola hasil penilaian, menyelenggarakan pendampingan In dan menyelenggarakan pendampingan On.
Suasana Pelatihan Guru Sasaran Jenjang SMP Mapel Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris
Selama pelaksanaan pelatihan, para peserta akan dibekali berbagai pengetahuan terkait Kurikulum 2013 yang telah direvisi. Materi yang disampaikan terdiri atas materi umum dan materi pokok. Materi umum meliputi,
1. Pembelajaran Aktif
2. Gerakan Penumbuhan Budi Pekerti dan Sekolah Aman
3. Kebijakan dan Dinamika Perkembangan Kurikulum
4. Gerakan Literasi di SMP
5. Peran Keluarga dalam Pembelajaran Siswa
6. Penyelenggaraan dan Pendampingan Berbasis Sekolah
7. Strategi Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2016
 
Materi Pokok yang disampaiakan antara lain:
1. Kompetensi, Materi, Pembelajaran, dan Penilaian
2. Analisis Kompetensi, Materi, Pembelajaran, dan Penilaian: Analisis SKL, KI, KD; Analisis buku guru dan siswa; analisis model pembelajaran, dan analisis hasil belajar siswa.
3. Perancangan RPP
4. Praktik Pembelajaran dan Penilaian
5. Praktik Pengolahan dan Pelaporan Hasil Belajar.
 

1 comment:

  1. Assalamu Alaikum.Wr.Wb..mohon Bpk/Ibu kirimkan materinya ke email saya: zulkarnainmalalo@gmail.com
    Terim's.. Wassalam

    ReplyDelete

Jangan lupa komentarnya ya! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan!