Selamat Datang di www.pengingatku.blogspot.com

Sunday 29 May 2016

LOMBA INOVASI PEMBELAJARAN (INOBEL) TINGKAT SMP KEMENTERIAN PENDIDIKAN TAHUN 2016

Lomba Inovasi Pembelajaran ini dikelompokkan menjadi tiga bidang, yaitu:
1.  Guru mata pelajaran yang melakukan inovasi di bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA). Untuk bidang ini menggunakan kode MIPA.
2.  Guru mata pelajaran yang melakukan inovasi di bidang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Bahasa, PPKn, dan Muatan Lokal (Mulok). Untuk bidang ini menggunakan kode IPSB.
3.  Guru mata  pelajaran yang melakukan inovasi di bidang Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Seni Budaya, Prakarya,  Pendidikan  Agama,  dan  Bimbingan  Konseling  (BK).  Untuk  bidang  ini  menggunakan  kode SORAK.
 
Tema Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SMP Tingkat Nasional Tahun 2016:
“Inovasi Pembelajaran sebagai Upaya Mewujudkan Indonesia Pintar, Terampil, dan Berkarakter”
Adapun  isi  karya  lomba  inovasi  pembelajaran  mengacu  pada  kurikulum  yang  berlaku  di  sekolah terkait dengan pendekatan, metode, model, strategi, dan media pembelajaran.

Persyaratan peserta Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SMP Tingkat Nasional Tahun 2016:
a.  memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK);
b.  melampirkan surat tugas mengikuti lomba dari atasan langsung dan diketahui oleh dinas pendidikan kabupaten/kota sebagai tembusan;
c.  melampirkan biodata sesuai dengan format terlampir;
d.  memiliki  kualifikasi  akademik  minimal  Sarjana  (S1)  atau  Diploma  4  (D-IV)  dengan  melampirkan fotokopi ijazah dan dilegalisasi oleh atasan;
e.  melampirkan surat keterangan sehat dari dokter;
f.  melampirkan  surat  pernyataan  belum  pernah  menjadi  peringkat  satu,  dua,  dan  tiga   pada  Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SMP Tingkat Nasional pada tahun 2013, 2014, dan 2015 (lihat lampiran 3).
g.  melampirkan  surat  pernyataan  bahwa  karya  inovasi  pembelajaran  tersebut  telah  didiseminasikan pada teman sejawat yang diketahui oleh kepala sekolah.
h.  tidak sedang tugas belajar yang dibiayai Pemerintah (lihat lampiran 3).

Persyaratan Karya
Karya yang diikutsertakan dalam Lomba Inovasi Pembelajaran
a.  bersifat individual,
b.  satu karya,
c.  orisinal,
d.  telah  diimplementasikan  pada  proses  pembelajaran  dan  sudah  ada  hasilnya  maksimal  tiga  tahun terakhir, dan
e.  belum pernah diikutsertakan dalam lomba sejenis baik secara nasional maupun internasional.
Tiga  persyaratan  (c,  d,  dan  e)  tersebut  dinyatakan  dengan  surat  pernyataan  dan  ditandatangani  yang bersangkutan di atas lembar bermeterai Rp 6000,00 (lihat lampiran 3).

Persyaratan Naskah
1.  Naskah  diketik  mengikuti  teknik  dan  sistematika  penulisan  yang  ditentukan  dalam  Pedoman
Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SMP Tingkat Nasional Tahun 2016.
2.  Karya  inovasi  pembelajaran  yang  dikirim  berupa  naskah  atau  dokumen  tertulis  dalam  bentuk hardcopy  dan  softcopy  dalam  CD/DVD/flashdisk,  serta  melalui  pos-el  (e-mail)  dengan  alamat
inobelsmp2016@gmail.com

Seleksi dan Penilaian
1.  Seleksi
Untuk  Lomba   Inovasi  Pembelajaran  Guru  SMP  Tingkat  Nasional  Tahun  2016,  teknik  seleksi
dilakukan melalui empat tahap, yaitu:
a.  Tahap I
Pada tahap I dilakukan seleksi dengan cara menilai aspek-aspek: 6
1)  Kelengkapan  dokumen  dan  keaslian  naskah,  serta  kesesuaian  karya  inovasi  pembelajaran
dengan  pedoman  merupakan  persyaratan  utama.  Penilaian  dilakukan  oleh  Direktorat
Pembinaan Guru Pendidikan Dasar dengan menggunakan instrumen 1.
2) Kesesuaian jadwal pengiriman dokumen.
b.  Tahap II
Pada tahap II dilakukan penilaian esensi karya inovasi pembelajaran oleh dewan juri.
Hasil dari Seleksi Tahap II memilih 34 peserta dari masing-masing bidang lomba (total 102 untuk
tiga bidang lomba) yang diundang ke tingkat nasional dengan menggunakan instrumen 2.
c.  Tahap III,
Pada tahap III, peserta yang lolos seleksi tahap II sebanyak 34 peserta dari masing-masing bidang
lomba  (total  102  untuk  tiga  bidang  lomba)  melakukan  pameran  atau  display  karya  inovasi
pembelajarannya.  Pada  tahap  III  dilakukan  penilaian  tampilan  karya  inovasi  pembelajaran  yang
dilakukan untuk menentukan 10 finalis dari tiap bidang lomba dengan menggunakan instrumen 3.
d.  Tahap IV,
Sepuluh  finalis  dari  setiap  bidang  lomba  (total  30  finalis)  mempresentasikan  karyanya  di  depan forum terbuka yang dinilai oleh juri dengan menggunakan instrumen 4.
 

No comments:

Post a Comment

Jangan lupa komentarnya ya! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan!