Selamat Datang di www.pengingatku.blogspot.com

Thursday 19 May 2016

LOMBA INOVASI PEMBELAJARAN (INOBEL) TINGKAT KEMENTERIAN PENDIDIKAN TAHUN 2016

Buat Bapak/Ibu guru SD di seluruh Indonesia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kembali mengadakan Lomba Inovasi Pembelajaran (INOBEL) tahun 2016. Lomba inovasi pembelajaran ini adalah lomba yang sangat bergengsi karena hadiahnya yang cukup “wah”.
Tema Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2016:
“Inovasi Pembelajaran sebagai Upaya Mewujudkan Indonesia Pintar, Terampil, dan Berkarakter”
Adapun  isi  karya  lomba  inovasi  pembelajaran  mengacu  pada  kurikulum  yang  berlaku  di  sekolah terkait dengan pendekatan, metode, model, strategi, dan media pembelajaran.
Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SD Tahun 2016 dikelompokkan menjadi 3 bidang, yaitu:
1.  Guru kelas yang melakukan inovasi di bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA)
2.  Guru kelas yang melakukan inovasi di bidang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Bahasa
3.  Guru  Mata  Pelajaran  yang  melakukan  inovasi  di  bidang  Pendidikan  Jasmani  dan  Kesehatan,  Seni
Budaya dan Keterampilan/Prakarya, Pendidikan Agama, dan Mulok.
 

1.  Persyaratan Peserta
Peserta Lomba Karya Inovasi Pembelajaran bagi Guru Sekolah Dasar Tahun 2016:
a.  memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK);
b.  melampirkan surat tugas mengikuti lomba dari atasan langsung;
c.  melampirkan biodata (contoh terlampir);
d.  melampirkan surat keterangan sehat dari dokter;
e.  melampirkan  surat  pernyataan  belum  pernah  menjadi  juara  1,  2,  atau  3  Lomba  Inovasi
Pembelajaran Guru SD tahun 2013 sampai 2015; dan
f.  melampirkan salinan ijazah terakhir minimal S1/D4.
2.  Persyaratan Karya
Karya  inovasi  pembelajaran  yang  diikutkan  dalam  Lomba  Karya  Inovasi  Pembelajaran  Guru  SD
tingkat Nasional Tahun 2016:
a.  bersifat individual,
b.  asli hasil inovasi guru,
c.  sudah diimplementasi dan dievaluasi dalam proses pembelajaran,
d.  belum pernah diikutsertakan  atau sedang diikutsertakan  dalam lomba sejenis baik secara nasional maupun internasional,
e.  disahkan oleh atasan langsung dalam bentuk lembar pengesahan,
f.  jika karya inovasi berupa media/alat  peraga pembelajaran, diutamakan memanfaatkan bahan/alat
yang mudah didapat, ramah lingkungan, dan berbiaya rendah,
g.  mudah diaplikasi, didiseminasi, dan direplikasi,
h.  merupakan karya maksimal dua tahun terakhir, dan
i.  tidak  memuat  unsur  pornografi,  serta  tidak  bertentangan  dengan  unsur  Suku,  Agama,  Ras,  dan Antargolongan (SARA).
Catatan: butir b, c, dan d dibuat dalam satu surat pernyataan bermaterai yang ditandatangani oleh peserta dan atasan langsung (lampiran 3).
3.  Persyaratan Naskah
a.  Naskah  diketik  mengikuti  teknik  dan  sistematika  penulisan  yang  ditentukan  dalam  Pedoman
Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2016.
b.  Karya  inovasi  pembelajaran  yang  dikirim  berupa  naskah  atau  dokumen  tertulis  dalam  bentuk
hardcopy  dan  softcopy  dalam  CD/DVD/flashdisk,  serta  melalui  pos-el  (e-mail)  dengan  alamat
 
Seleksi dan Penilaian
1.  Seleksi
Untuk Lomba Inovasi Pembelajaran Guru  SD  Tingkat Nasional Tahun 2016, teknik seleksi dilakukan melalui empat tahap, yaitu:
a.  Tahap I
Pada tahap I dilakukan seleksi dengan cara menilai aspek-aspek:
1)  Kelengkapan  dokumen  dan  keaslian  naskah,  serta  kesesuaian  karya  inovasi pembelajaran dengan  pedoman  merupakan  persyaratan  utama.  Penilaian  dilakukan  oleh  Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar dengan menggunakan instrumen 1.
2) Kesesuaian jadwal pengiriman dokumen.
b.  Tahap II
Pada tahap II dilakukan penilaian esensi karya inovasi pembelajaran oleh dewan juri.
Hasil dari Seleksi Tahap II memilih 34 peserta dari masing-masing bidang lomba (total 102 untuk tiga bidang lomba) yang diundang ke tingkat nasional dengan menggunakan instrumen 2.
c.  Tahap III,
Pada tahap III, peserta yang lolos seleksi tahap II sebanyak 34 peserta dari masing-masing bidang lomba  (total  102  untuk  tiga  bidang  lomba)  melakukan  pameran  atau  display  karya  inovasi pembelajarannya.  Pada  tahap  III  dilakukan  penilaian  tampilan  karya  inovasi  pembelajaran  yang dilakukan untuk menentukan 10 finalis dari tiap bidang lomba dengan menggunakan instrumen 3.
d.  Tahap IV,
Sepuluh  finalis  dari  setiap  bidang  lomba  (total  30  finalis)  mempresentasikan  karyanya  di  depan forum terbuka yang dinilai oleh juri dengan menggunakan instrumen 4.
Untuk lebih lengkap silahkan klik JUKNIS INOBEL TINGKAT SD KEMDIKBUD TAHUN 2016
 
 

2 comments:

Jangan lupa komentarnya ya! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan!