Selamat Datang di www.pengingatku.blogspot.com

Tuesday 20 December 2016

MGMP SMP BAHASA INDONESIA OI ADAKAN DIKLAT GURU PEMBELAJAR TAHUN 2016


Kegiatan Diklat Guru Pembelajar MGMP SMP Bahasa Indonesia Kab. Ogan Ilir
"Tak dapat dipungkiri bahwa perkembangan ilmu pengetahuan memang begitu pesat. Hal itu menuntut para guru untuk senantiasa aktif dalam mengasah dan meningkatkan kompetensinya. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan mengikuti berbagai kegiatan peningkatan kompetensi guru, seperti halnya Guru Pembelajar dan Peningkatan Karier Guru."


Sebagai wadah perkumpulan bagi guru-guru Bahasa Indonesia Kabupaten Ogan Ilir, MGMP SMP Bahasa Indonesia menyelenggarakan kegiatan Diklat Guru Pembelajar dan Diklat Peningkatan Karier Guru. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam upaya untuk meningkatkan kompetensi baik profesional maupun paedagogik guru.

MGMP SMP Bahasa Indonesia berpartisipasi aktif dalam upaya peningkatan kompetensi guru Bahasa Indonesia Kabupaten Ogan Ilir dengan menyelenggarakan Diklat Guru Pembelajar dan Diklat Peningkatan Karier Guru

Kegiatan Diklat Guru Pembelajar merupakan kegiatan yang dilaksanakan sebagai perwujudan dari tindak lanjut hasil Uji Kompetensi Guru (UKG) tahun 2015 lalu. Kegiatan tersebut diikuti oleh 35 orang guru Bahasa Indonesia yang berasal dari berbagai sekolah di Kabupaten Ogan Ilir. Pola yang digunakan dalam kegiatan tersebut adalah pola IN-ON-IN dengan jumlah 30 JP/modul. Dalam pelaksanaannya, peserta diberikan berbagai materi tentang kompetensi profesional dan kompetensi paedagogik yang disampaikan langsung oleh dua orang Mentor Guru Pembelajar.
Adapun kegiatan Diklat Peningkatan Karier Guru diikuti oleh 20 Orang peserta guru Bahasa Indonesia. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membantu dalam peningkatan karier guru terutama dalam hal pembuatan karya tulis ilmiah.
Seperti diketahui bahwa sangat banyak guru yang terhalang untuk naik pangkat hanya karena tidak mampu menulis karya tulis ilmiah dengan baik. Dengan mengikuti Diklat tersebut, diharapkan mereka akan mendapatkan pengetahuan baru sehingga dapat membantu mereka untuk mengejar ketertinggalan karier.
         Kedua kegiatan tersebut dilaksanakan mulai bulan Oktober hingga bulan November 2016. Alhamdulllah, selama pelaksanaan kegiatan MGMP SMP Bahasa Indonesia selaku penyelenggara tidak menemui hambatan yang berarti. Hal itu dikarenakan kekompakan dan kerjasama yang baik antar semua pihak baik para pengurus, anggota, dinas pendidikan, maupun pihak-pihak yang terkait.
         Pada akhir kegiatan, diadakan simposium atau seminar Best Practice. Dalam kegiatan tersebut dipaparkan karya-karya terbaik dalam pembelajaran yang telah dilakukan guru. Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan pemilihan lima karya terbaik yang ditentukan oleh empat orang  tim juri yang berkompeten di bidangnya
        MGMP SMP Bahasa Indonesia dibentuk sejak tahun 2008. Dalam perjalanannya, MGMP SMP Bahasa Indonesia telah banyak melaksanakan kegiatan-kegiatan peningkatan kompetensi guru baik secara swadaya maupun melalui dana blockgrant pemerintah. MGMP SMP Bahasa Indonesia berkomitmen untuk selalu menjadi mitra bagi pemerintah baik pusat maupun daerah untuk mempercepat peningkatan kualitas guru terutama guru-guru Bahasa Indonesia di Kabupaten Ogan Ilir. Amin!

No comments:

Post a Comment

Jangan lupa komentarnya ya! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan!