Penilai Best Practice Guru
Indralaya—Sabtu/ 28 November 2016,
bertempat di Aula SMPN 1 Palembang dilaksanakan kegiatan Pemilihan Karya
Terbaik (Best Practice) yang diikuti oleh 20 orang peserta Diklat Peningkatan
Karier Guru. Setiap guru diberikan waktu 15 menit untuk memaparkan hasil
tulisannya di depan empat orang dewan juri. Keempat dewan juri tersebut adalah
Ibu Dina Renita, M. Pd. (Tim penilai Dupak Kab. OI), Ngatimin, S. Pd. (IN
Kurikulum 2013), Drs. Arpen Yurizal (Ketua MGMP SMP Bahasa Indonesia), dan Ibu
Eka Ade Heryani (IN/Mentor GP).
Dari
hasil pemaparan karya oleh para peserta, ada beberapa catatan yang diberikan
oleh dewan juri terkait karya tersebut, yakni:
Pertama: Karya
yang ditampilkan oleh para peserta beragam mulai dari PTK, Artikel, hingga
media pembelajaran.
Kedua:
Khusus untuk PTK, hampir sebagian besar guru masih banyak melakukan kesalahan
terutama pada bagian pendahuluan dan pembahasan. Guru masih banyak keliru dalam
penulisan rumusan masalah. Pada bagian hasil, pembahasan yang dipaparkan masih
sangat minim dan belum mampu memberikan gambaran utuh terhadap pelaksanaan
penelitian yang dilakukan.
Ketiga:
Guru pada umumnya masih awam dengan istilah Best Practice sehingga masih belum
benar-benar mampu membedakan antara karya yang termasuk Best Practice dan karya
yang belum layak dikatakan sebagai Best Practice.
Keempat:
Karya Best Practice peserta hampir sebagian besar masih belum memenuhi kriteria
untuk dikatakan sebagai Best Practice. Kriteria tersebut dilihat dari
orisinalitas, kebermanfaatan, inovasi, dan Kekonsistenan karya.
Dari
hasil penilaian dan pertimbangan dewan juri, maka dipilih lima karya terbaik.
Kelima karya terbaik tersebut sebagai berikut.
1. Terbaik Pertama: Dian Eka Sari, S. Pd. Dengan judul “Membudayakan Membaca
Menggunakan Metode ODOS
Pada Siswa SMP Negeri 5 Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir
2. Terbaik Kedua: Reni Januarti, M. Pd. Dengan judul “Penerapan Media “GDS” dalam Pembelajaran Menulis
Iklan Baris”
3. Terbaik
Ketiga: Herwanah, S. Pd. Dengan judul “Upaya Meningkatkan Kemampuan
Berbicara Siswa Melalui Metode Bermaian Peran pada Materi Bermain Drama
pada Siswa Kelas VIII.1 MTs Nurul Yaqin Tanjung Atap”
|
No comments:
Post a Comment
Jangan lupa komentarnya ya! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan!