Selamat Datang di www.pengingatku.blogspot.com

Thursday 5 January 2017

RESOLUSI GURU


Sudahkah Anda punya resolusi? Di tahun yang baru ini ada baiknya kita merancang resolusi. Apa itu resolusi? Resolusi adalah semacam targetan atau impian yang ingin dicapai dalam jangka waktu tertentu. Biasanya dapat berjangka tiga, enam, sembilan, atau satu tahun. Mengapa resolusi penting? Sebagai seorang guru yang baik, resolusi adalah kumpulan harapan yang mencerminkan aktivitas kita satu tahun mendatang. Dari resolusi itu dapat diketahui seberapa berkualitas guru tersebut. Guru yang baik pasti akan mendaftar begitu banyak targetan dalam daftar listnya. Targetan yang ingin dicapai berkaitan dengan aktivitas pembelajaran, peningkatan kompetensi profesionalisme, maupun aktivitas pengembangan diri lainnya. 

Beberapa contoh resolusi yang mungkin dapat dibuat oleh guru sebagai berikut
1. Menulis buku, artikel, dan atau karya tulis lainnya
2. Publikasi hasil tulisan di media massa maupun jurnal baik lokal, regional, nasional, maupun internasional
3. Mengikuti perlombaan guru baik lokal maupun nasional
4. Mengikuti berbagai pelatihan atau diklat yang dapat meningkatkan kompetensi guru
5. Membuat inovasi pembelajaran baik berupa alat peraga, strategi atau metode, maupun media pembelajaran
6. Membimbing siswa dalam mengembangkan minat atau bakatnya
7. Mengikuti organisasi keprofesian
8. Melakukan kegiatan lain yang relevan, dll.

Lantas apakah semua resolusi itu harus tercapai? Ya, tidak! Namun setidaknya adanya resolusi akan membuat aktivitas guru menjadi lebih terarah. Aktivitas yang terarah tentu menjadikan akan menjadikan setiap tindakan yang kita lakukan menjadi lebih matang. Pada akhirnya, jikalau tidak semua resolusi kita tercapai tidaklah menjadi menjadi masalah. Yang penting kita sudah Berusaha. Tetapi yakinlah proses tentu tidak akan pernah menghianati hasil. Proses yang bermutu akan menghasilkan hasil yang bermutu pula. 

Resolusi guru sangat penting. Sudah saatnya kita menjadi guru luar biasa yang berbeda dari kebanyakan guru yang ada. Kualitas pendidikan ada di tangan guru. Keberhasilan peserta didik bergantung kemampuan guru. Tunggu apalagi! Sekarang ambil pena dan kertas kalian. Tuliskan sekarang juga resolusi apa yang akan Anda capai. Setelah itu, bingkai dan pajang resolusi itu di dinding setiap ruang rumah Anda. Jika perlu setiap Anda lewat Anda akan melihat resolusi yang telah Anda buat. Sukses selalu menyertaimu guru.

2 comments:

Jangan lupa komentarnya ya! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan!