Selamat Datang di www.pengingatku.blogspot.com

Sunday 31 May 2015

OLEH-OLEH BIMTEK PEMENANG SELEKSI PROPOSAL PTK PUSLITJAK 2015

Sabtu Malam, 30 Mei 2015-aku beserta rombongan berangkat dari stasiun Kertapati Palembang menuju Tanjung Karang Lampung. Tujuan kami adalah untuk mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis Penelitian Tindakan Kelas PTK Region II di Hotel Sahid Bandar Lampung. Di Region II ini terdiri dari semua kabupaten/kota yang ada di seluruh provinsi di Sumatera. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 66 orang peserta.  Dari Sumatera Selatan ada sembilan orang yang terpilih untuk mengikuti kegiatan ini.
Kegiatan Bimtek ini diselenggarakan oleh Pusat Penelitian dan Kebijakan Kemdkbud. Kegiatan ini adalah tindak lanjut dari hasil seleksi pemenang proposal PTK yang diadakan sebelumnya. Berdasarkan informasi dari tim panitia, setidaknya ada lebih kurang 400 naskah proposal PTK yang masuk dalam seleksi tersebut. Setelah diseleksi, akhirnya terpilih 170 Proposal PTK yang dinilai memenuhi kelayakan.
Kegiatan Bimtek PTK di Region II ini hanya berlangsung dua hari, yakni tanggal 31 Mei s.d 1 Juni 2015. Kegiatan ini dibuka oleh Panitia dari Puslitjak Kemdikbud. Dalam Bimtek ini yang menjadi Narasumber adalah Kabid Litbang Dikdas dan Kabid Litbang Dikmenti. Dalam paparannya, mereka menjelaskan berbagai hal mendasar yang musti diketahui oleh calon pelaksana PTK. Diantaranya adalah konsep PTK, penyusunan proposal PTK, dan penyusunan Pelaporan Hasil PTK. Menurut pembicara, pada hakikatnya PTK adalah suatu penelitian yang didalamnya terdapat perlakuan yang diberikan kepada sekelompok siswa. Dalam membuat proposal atau laporan PTK, setidanya ada beberapa hal yang harus diikuti, yakni
1. Bab I: Pendahuluan: a. Latar Belakang (harus menggambarkan alur sbb. kondisi ideal--harapan--dampak/akibat--solusi yang diberikan). b. Rumusan Masalah. c. Tujuan (Tujuan dibuat sesuai rumusan masalah). d. Manfaat.
2. Bab II: Kajian Pustaka/Landasan Teori: Harus menguraikan semua variabel yang terdapat pada judul. Menyajikan hasil penelitian sebelumnya yang relevan. Dan Menuliskan kerangka berpikir.
3. Bab III: Metodologi: Terdiri dari Metode penelitian, lokasi, subjek, dan objek penelitian, prosedur penelitian, teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian, dan teknik analisis data.
4. Bab IV: Hasil dan Pembahasan: menyajikan deskripsi hasil tindakan siklus I, deskripsi hasil tindakan siklus II, deskripsi peningkatan hasil dskusi.
5. Bab V: Penutup: Terdri dari Simpulan dan saran. Saran yang diberikan harus sesuai dengan temuan yang ada selama melaksanakan penelitian.

PESERTA BIMTEK REGIONAL II DARI SUMSEL

No comments:

Post a Comment

Jangan lupa komentarnya ya! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan!