Selamat Datang di www.pengingatku.blogspot.com

Monday 23 March 2020

Kata Baku dan Tidak Baku

KATA BAKU DAN TIDAK BAKU

(Alamsari, M.Pd.)

Datang kumbang mengisap sari
Sejuk embun memercik tubuh
Marilah kita sempatkan diri
Belajar materi kata yang baku

Halo anak-anak semuanya! Apa kabarnya? Setelah kemarin kita belajar mengenai kalimat efektif tiba saatnya kita bersama-sama belajar mengenai kata baku dan tidak baku.

Pernahkah kalian mendengar istilah kata baku? 

Jika kalian pergi membeli obat maka kalian akan membelinya di mana? Tentu saja di toko obat. Tempat menjual obat dinamakan apotek. Namun terkadang banyak toko obat yang salah dalam menuliskan kata apotek tersebut. Kebanyakan justru menulis dengan kata apotik. Kata apotik jelas merupakan penulisan yang salah karena kata yang penulisannya benar adalah apotek. 

Penulisan kata yang benar dan tidak benar itulah yang dimaksud dengan kata baku dan tidak baku.

Kata baku adalah kata yang penulisannya sesuai dengan ejaan yang disempurnakan. Untuk mengetahui suatu kata baku atau tidak kita dapat mengeceknya di dalam kamus bahasa Indonesia. 

Sekarang sudah ada kamus bahasa Indonesia digital yang dapat kalian unduh di playstore gawai kalian masing-masing. Caranya buka playstore dan ketik kbbi v. Kemudian instal dan kamus siap digunakan.



Mengapa kamus bahasa Indonesia sangat diperlukan karena begitu banyak kata yang penulisannya tidak baku di sekitar kita. Penulisan kata yang tidak baku tersebut biasanya terjadi karena kekurangtahuan si pengguna terhadap penulisan yang benar dari kata tersebut. Banyaknya penulisan kata yang tidak baku di sekitar kita menjadikan kata tidak baku tersebut tersebar luas di masyarakat dan tidak karang dipakai dalam percakapan sehari-hari.

Perhatikan contoh berikut!

Dia mengambil jurusan tehnik. 

Pada kalimat tersebut terdapat kata yang penulisannya tidak baku, yakni tehnik. Kata tehnik bahkan sudah lumrah dipakai di banyak tempat. Kata tehnik seharusnya ditulis teknik. 

Atau mungkin kalian sering pergi ke tempat ibadah? Biasanya sangat lumrah tempat ibadah di kampung-kampung di tulis dengan kata mushollah. Benarkah kata tersebut? Penulisan kata mushollah ternyata tidak benar. Akan tetapi sampai sekarang masih banyak digunakan orang. Padahal penulisan kata yang benar adalah musala. Tentu mendengar kata musalah tetsebut agak aneh bukan? Hal itu disebabkan kita hampir tidak pernah mendengar kata musalah tersebut.

Ada banyak sekali penulisan kata yang salah di sekitar kita. Tugas kalian adalah menghilangkan kebiasaan penulisan lata yang salah tersebut. Kalian harus membiasakan penggunaan kata yang baku dalam kehidupan sehari-hari.

Nah, sekarang tugas kalian adalah mengidentifikasi kata baku dan tidak baku. Silakan klik tautan berikut untuk mengerjakannya.


Selamat mengerjakan! Semoga sukses ya.


No comments:

Post a Comment

Jangan lupa komentarnya ya! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan!