Selamat Datang di www.pengingatku.blogspot.com

Thursday 31 December 2015

JADILAH GURU YANG BERBEDA DARI YANG ADA

Begitulah konsep yang senantiasa harus dijunjung oleh guru "jadilah yang berbeda dari yang ada". Apa maksudnya? Maksudnya, guru harus berani menjadi sosok yang lain dari kebanyakan guru yang ada. Agar lebih paham, saya contohkan begini:
jika kebanyakan guru hanya menggunakan metode pembelajaran ceramah di kelasnya, maka jadilah guru yang beda dengan menggunakan metode yang lain daripada yang lain. Jika kebanyakan guru hanya menggunakan media pembelajaran yang sudah ada, maka jadilah yang beda dengan menciptakan media pembelajaran yang lain daripada yang lain. Masih begitu banyak contoh-contoh lain. Anda sebagai guru tentu tahu dan paham pula mengenai hal itu.
Saya ingat perkataan seorang narasumber dalam suatu pelatihan "guru gila adalah guru yang setiap hari melakukan hal yang sama namun mengharapkan hasil yang berbeda". Maksudnya jelas sekali! Jadilah dan lakukan sesuatu yang beda agar Anda mendapatkan hasil yang beda dari kebanyakan guru lainnya. Seorang teman di Jakarta berusaha melakukan hal yang beda dengan cara menulis satu artikel setiap hari di blognya. Hasilnya, kini beliau menjadi seorang
guru blogger yang namanya sudah terkenal hampir di seluruh daerah hanya karena tulisannya itu. Teman yang lain; seorang guru bahasa Indonesia mencoba menjadi guru bahasa Indonesia dari kebanyakan guru bahasa lainnya dengan cara menulis buku bahkan beliau punya target menulis satu hari satu buku. Hasilnya, beliau mampu menghasilkan ratusan buku, baik buku pelajaran maupun buku pengayaan, dan referensi. Puncak dari prestasi menulis buku tersebut, beliau menang penghargaan penulisan buku pengayaan tingkat nasional. Saat ini, beliau juga telah memiliki gedung sendiri untuk tempat pelatihan menulis bagi guru-guru berkat royalti dari buku-buku yang telah ia tulis.
Seorang teman lainnya, berusaha menjadi beda dengan cara membuat konten aplikasi pendidikan. Hasilnya, beliau telah menghasilkan ratusan konten aplikasi pendidikan bahkan kini beliau dipercaya untuk menjadi pelatih dalam pelatihan IT bagi 1000 guru di provinsinya.
Beda! Beda! Beda! Guru harus menjadi beda dengan kebanyakan guru lainnya. Beda dalam arti yang positif. Saya sendiri berusaha menjadi guru yang beda dengan cara menulis berbagai genre karya tulis. Walaupun masih sangat jauh dari kebanyakan guru-guru yang beda lainnya, namun saya cukup bersyukur. Walaupun saya belum memiliki puncak prestasi, namun saya cukup bangga karena sudah cukup banyak karya yang telah saya hasilkan. Hingga akhir tahun 2015 ini, saya sudah menghasilkan puluhan artikel (belasan artikel telah dimuat media massa, 1 kumpulan cerpen (belum diterbitkan), 1 kumpulan cerita anak (belum diterbitkan), 1 kumpulan puisi (belum diterbitkan), beberapa karya tulis ilmiah, dan beberapa media pembelajaran.

No comments:

Post a Comment

Jangan lupa komentarnya ya! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan!