Selamat Datang di www.pengingatku.blogspot.com

Monday 14 December 2015

PENDAMPINGAN KURIKULUM 2013 SMP INDUK CLUSTER INDRALAYA TAHUN 2015

Kurikulum 2013 diluncurkan sejak tahun 2013 dan telah diterapkan secara nasional pada tahun 2014. Namun seiring perjalanannya, Implementasi Kurikulum 2013 sempat dihentikan sementara oleh Menteri Anies Baswedan pada tahun 2015. Hal tersebut guna melakukan perbaikan dan penyempurnaan terhadap Kurikulum 2013 dikarenakan banyak kritikan dan masukan dari guru-guru pelaksana dan pengamat pendidikan terhadap kelemahan Kurikulum 2013 tersebut. 
Untuk memantapkan pengimplementasian Kurikulum 2013, sejak tahun 2013 pemerintah telah melakukan berbagai cara, seperti pelatihan, workshop, dll. Salah satu yang konsisten dilakukan pemerintah adalah dengan menyelenggarakan kegiatan Pendampingan Kurikulum 2013 di tingkat SMP.
Pada tahun 2015 ini, Kabupaten Ogan Ilir memiliki tiga sekolah induk yang diikutsertakan dalam kegiatan pendampingan. tiga sekolah induk tersebut, yakni SMPN 1 Indralaya, SMPN 1 Tanjung Batu, dan SMPN 1 Tanjung Raja. Pada setiap sekolah induk tersebut terdapat sekolah imbas yang jumlahnya bervariasi bergantung dengan sekolah yang disahkan oleh Pemerintah berdasarkan data Dapodik.
Kegiatan Pendampingan Kurikulum 2013 terbagi menjadi dua kegiatan, yakni IN dan ON. Pada kegiatan IN, guru-guru di setiap sekolah imbas akan berkumpul di sekolah induk untuk mendapatkan penguatan atau memperluas wawasan bagi guru tentang Kurikulum 2013. Pada kegiatan ON, narasumber yang telah ditunjuk akan melakukan kunjungan langsung ke sekolah imbas untuk melihat sejauh mana pengimplementasian Kurikulum 2013 di kelas masing-masing.

Pembukaan Kegiatan IN Induk Cluster Indralaya oleh Kepala Dinas Pendidikan Ogan Ilir
Kegiatan IN akan dilaksanakan sebanyak dua kali kegiatan dengan setiap kegiatan dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan. 
Diharapkan melalui kegiatam Pendampingan Kurikulum 2013 ini, akan memperkuat dan mesukseskan pengimplementasian Kurikulum 2013 di sekolah Ogan Ilir pada khususnya dan di seluruh sekolah pada umumnya. 
Kita berharap, agar kelak pada tahun 2018 nanti, Kurikulum 2013 benar-benar akan matang dan dapat diterima dan diterapkan dengan baik oleh guru-guru di sekolah. Amin.

No comments:

Post a Comment

Jangan lupa komentarnya ya! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan!