Selamat Datang di www.pengingatku.blogspot.com

Monday 31 October 2016

FINALIS INOVASI PEMBELAJARAN SMP TINGKAT NASIONAL TAHUN 2016

Senin 31 Oktober 2016-Menjelang Maghrib, teman saya Sunardi dari Musi Banyuasin menelepon. Dia mengabarkan bahwa pengumuman finalis inovasi pembelajaran tingkat smp sudah keluar dan saya termasuk dalam salah satu finalis tersebut. Seakan tidak percaya dengan kabar tersebut. Saya kemudian mengecek email dan ternyata pengumuman finalis telah dikirim melalui email saya. Alahamdulillah-Saya beserta teman saya Sunardi masuk sebagai finalis lomba inovasi pembelajaran tahun 2016.
Ini adalah kabar yang membahagiakan bagi saya. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya--pada tahun ini seleksi lomba inovasi pembelajaran sangat ketat dan bertahap. Setidaknya ada tiga kali seleksi yang harus kami lalui sebelum akhirnya diputuskan masuk finalis, yakni seleksi tahap satau (seleksi administrasi dan uji similarity dan sitasi. Seleksi tahap dua (mengikuti workshop dan memperbaiki naskah). Seleksi tahap tiga (naskah yang diperbaiki diuji similarity dan sitasi serta dilakukan uji isi, bentuk, dan jenis karya). Tahap empat, pengumuman finalis akhir dan akan dipanggil ke Jakarta untuk melakukan pameran karya dan dipilih sepuluh terbaik.
Saya sangat bersyukur sekali bisa mewakili kabupaten saya dalam ajang lomba guru yang sangat bergengsi ini. Betapa tidak, pada tahap pertama terdapat sekitar 1.200 karya inovasi yang masuk ke meja panitia dan hanya diambil 240 karya terbaik saja. Selanjtnya dari 240 karya terbaik tersebut hanya diambil 89 karya terbaik saja yang dipanggil presentasi di Jakarta.

Saya sebenarnya tidak terlalu optimistis dan juga tidak pesimistis. Pada waktu tahap kedua (mengikuti workshop) saya sadar bahwa guru-guru yang masuk 240 karya terbaik adalah guru-guru hebat yang sudah biasa menang lomba. Banyak diantara mereka merupakan guru berprestasi. Ada juga guru yang sudah meluncurkan banyak buku--ada pula guru yang sudah ke luar negeri. Saya yakin karya inovasi pembelajaran mereka tentu bagus-bagus.
Dan kini, tepat di akhir Oktober saya mendapatkan kabar yang sangat bahagia ini. Bisa masuk 89 karya terbaik dari 240 karya guru-guru hebat se-Indonesia merupakan anugrah yang tiada terhingga bagi saya. Semoga nanti tanggal 7--11 November saya bisa memberikan yang terbaik dan bisa menjadi yang terbaik. Amin.
Berikut ini daftar finalis inovasi pembelajaran tingkat SMP tahun 2016.

No comments:

Post a Comment

Jangan lupa komentarnya ya! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan!