Selamat Datang di www.pengingatku.blogspot.com

Monday 7 November 2016

OLEH-OLEH FINAL LOMBA INOVASI PEMBELAJARAN KEMDIKBUD TAHUN 2016 (Bag. 1)

Jakarta Aku Datang

Perjalananku dimulai dengan menumpang Pesawat Garuda Indonesia keberangkatan Palembang--Jakarta. Tepat pukul 10.40 WIB, pesawat yang saya tumpangi landing di Bandara International Soekarno Hatta. Ini adalah kali pertama saya datang ke Jakarta. Sebuah keinginan yang sejak dahulu saya inginkan. Menginjakkan kaki ke Jakarta melihat Ibu Kota Indonesia. 
JIka selama ini saya hanya bisa melihat gedung-gedung tinggi dan kemacetan hanya melalui televisi, kali ini saya menyaksikan secara langsung hiruk-pikuk Jakarta. Gedung-gedung menjulang tingi-tinggi. Jakarta sungguh kota yang besar. Udaranya juga begitu panas.
Pukul 12.30 menit saya tiba di tempat tujuan. Hotel Sunlake, Sunter Jakarta Utara. Kedatangan saya adalah bagian dari kegiatan Final Lomba Inovasi Pembelajaran tingkat SMP tahun 2016.


Lomba Inovasi Pembelajaran 

Di lobi hotel, peserta dari berbagai daerah di Indonesia sudah mulai berdatangan. Saya langsung melakukan checkin terlebih dahulu untuk mendapatkan kamar hotel. Setelah itu saya langsung makan siang dan beristirahat untuk acara pembukaan pukul 16.00 WIB nanti.
Pukul 16.00 WIB, pembukaan Final Lomba Inovasi Pembelajaran resmi dibuka oleh Bapak Sumarna Supranata. Berikutnya dilanjutkan dengan pengarahan teknis perlombaan inovasi pembelajaran yang akan dimulai besok; Selasa 8 November 2016.
Dalam pengarahannya, setiap peserta akan melakukan display dan presentasi karya selama 30 menit per orang. Untuk itu setiap peserta diwajibkan memanajemen waktu sebaik mungkin agar semua hal-hal penting dalam karya inovasi pembelajarannya dapat tersampaikan dengan baik.
Kegiatan final Lomba Inovasi Pembelajaran ini diikuti oleh 90 finalis SMP yang terbagi ke dalam tiga bidang yakni, MIPA, IPSB, dan SORAM. Para finalis ini adalah mereka yang telah lolos uji similarity dan sitasi, serta uji kontent (isi) serta jenis dan bentuk karya. Kesemua finalis ini adalah mereka yang memiliki karya inovasi terbaik. Maka dari itu, pada hakikatnya semua guru yang masuk final dalam lomba Inovasi Pemblajaran ini adalah pemenang. 
Melalui perlombaan inovasi pembelajaran ini diharapkan akan muncul guru-guru dengan berbagai karyanya yang kreatif dan bermanfaat bagi peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah. 
Foto Bersama Peserta Sumsel: Ogan Ilir, Palembang, dan Musi Banyuasin.

No comments:

Post a Comment

Jangan lupa komentarnya ya! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan!