Selamat Datang di www.pengingatku.blogspot.com

Tuesday 8 November 2016

OLEH-OLEH FINAL LOMBA INOVASI PEMBELAJARAN KEMDIKBUD TAHUN 2016 (Bag. 2)

Hari Selasa/ 8 November 2016 adalah kegiatan yang dinanti-nanti oleh semua peserta final Lomba Inovasi Pembelajaran. Pagi-pagi kami sudah dikumpulkan di ruangan untuk melakukan pengundian nomor urut display dan presentasi. Setelah melakukan pengundian, semua peserta diberikan waktu sekitar dua jam untuk menyiapkan semua bahan-bahan display mereka. Semua peserta terlihat sangat semangat menyiapkan display mereka masing-masing. Semua bahan display mulai dari ukuran kecil hingga ukuran besar dipajang. Ada yang membawa papan besar, ada yang membawa Tv LED, ada yang membawa souvenir, dan lain sebagainya. Pokoknya kegiatan menyiapkan display tersebut sangat seru dan heboh. Display ditata sedemikian rupa sehingga mampu menarik dewan juri.
Setelah semua persiapan display selesai maka dimulailah sesi penilaian display oleh lima orang dewan juri. Kelima dewan juri tersebut berasal dari kalangan profesional, yakni dosen dari berbagai universitas. 



Kelima dewan juri berkeliling mengunjungi setiap meja dan mendengar penjelasan dari guru yang bersangkutan. Dewan juri akan bertanya dan menggali lebih dalam mengenai inovasi apa yang disuguhkan oleh setiap guru melalui displaynya masing-masing. Proses penilaian display berlangsung selama 15 menit setiap peserta.
Setelah sesi penilaian selesai dilakukan, tiba giliran sesi presentasi hasil karya di depan dewan juri. Setiap peserta mempresentasikan karya inovasinya selama lima menit dan dilakukan tanya jawab sebanyak 10 menit. Peserta yang maju dipanggil berdasarkan nomor undian yang telah dipilih saat display. Dari keseluruhan presentasi peserta inobel, pada intinya terdapat satu kesamaan pertanyaan yang diajukan, yakni Apa dan bagaimana inovasi tersebut? Apa bedanya dengan yang lain? Seberapa besar inovasi tersebut dapat bermanfaat bagi siswa maupun guru baik di sekolah perkotaan maupun sekolah di pedalaman sekalipun? Apakah inovasi tersebut dapat digunakan dan dapat diproduksi dengan mudah dan murah?
Kegiatan presentasi karya inobel tersebut berlangsung selama dua hari mulai hari Selasa sore hingga hari Rabu siang (9 November 2016). Dari hasil presentasi tersebut, skor setiap peserta akan ditotalkan dan nantinya akan ditentukan siapa peserta yang berhak menjadi juara 1, 2, dan 3. 
Hasil karya inovasi pembelajaran setiap peserta harus diacungkan jempol. Semua peserta telah berhasil menghasilkan karya-karya baru yang inovatif dan kreatif. Karya-karya yang telah dihasilkan guru-guru tersebut adalah sebagai indikator yang baik bahwa banyak guru-guru Indonesia yang memiliki kualitas yang bagus. Ini adalah langkah awal yang baik bagi upaya untuk memajukan pendidikan Indonesia. Guru-guru yang selalu berinovasi sangat dibutuhkan dalam pendidikan kita. Melalui guru-guru inovatif tentu kualitas pembelajaran akan semakin baik dan pada akhirnya kualitas peserta didik kita juga akan semakin lebih baik. Amin!




No comments:

Post a Comment

Jangan lupa komentarnya ya! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan!