Selamat Datang di www.pengingatku.blogspot.com

Sunday 7 December 2014

GURU BERPRESTASI

GURU BERPRESTASI: SIAPA YANG SEDANG KITA HADAPI?"(BAGIAN 1)

Teman-temanku bahkan kepala sekolahku sering mendesak agar saya ikut seleksi gupres. Memang, saya belum pernah ikut seleksi gupres. Sengaja saya tak ikut (belum mau) gupres soalnya masa kerja saya baru 4 tahun. Katanya (kata temen-temen yang pengalaman) minimal masa kerja 8 tahun. Oleh karena itu, rencananya, saya baru akan ikut seleksi itu sekitar tahun 2021 mendatang.
Teman-temanku sudah banyak yang ikut gupres. Bahkan beberapa diantaranya berhasil masuk tingkat nasional. Gupres memang dapat dikatakan sebagai ajang yang prestise bagi guru-guru. Katakanlah, gupres sebagai puncak karier tertinggi seorang guru. Karena ajang gupres merupakan ajang yang bergengsi, maka hampir semua guru berlomba-lomba untuk ikut.
Setiap tahun gupres selalu diadakan. Setiap tahun pula, perwakilan gupres yang memenangkan ajang tingkat provinsi dikirim untuk mewakili Sumsel pada tingkat nasional. Lalu, bagaimana hasilnya?
Saya sendiri tak tahu. Soalnya saya belum pernah ikut. Namun, sebagai bahan referensi coba kita ketik "pemenang gupres tingkat nasional", dan lihatlah sendiri siapa dan dari provinsi apa pemenangnya?
Saya sering berselancar di dunia maya untuk sekedar cuci mata membaca kisah-kisah pengalaman pemenang gupres tingkat nasional. Saya juga suka beraksi di medsos mencari kenalan baru (teman-teman) yang berprestasi. Mau tahu hasilnya?
Nih, saya bocorin ya. SIAPA YANG KITA HADAPI itu?
Saya ngeri manakala tahu bahwa Peserta Gupres yang kita hadapi sungguh "super". "Kesuperan" para gupres tingkat nasional saya bagi menjadi beberapa kategori, yakni gupres yang berkarya dan gupres yang berprestasi.
1. Gupres yang berkarya
Tahukah kamu kalau guru-guru yang mengikuti ajang gupres tingkat nasional biasanya banyak karyanya? Saya takjub ketika mengetahui ada gupres tingkat nasional yang SUDAH MENULIS PULUHAN BUKU. Ada juga gupres yang sudah menulis puluhan PTK. Ada juga gupres yang sudah menjadi pembicara pada puluhan ajang seminar baik lokal, nasional, maupun internasional. Ada juga gupres yang tulisannya sudah dimuat di puluhan media massa. Super bukan? Wajar saja kalau mereka terpilih menjadi gupres tingkat nasional.
2. Gupres yang berprestasi
Kalau bicara prestasi, kita patut mencontoh para gupres ini. Tahukah kamu bahwa prestasi para gupres tingkat nasional sungguh luar biasa?
Ada gupres yang sudah puluhan kali memenangkan ajang lomba tingkat lokal, nasional, dan internasional. Bayangkan, kalau penghargaan tingkat nasional dan beberapa diantaranya penghargaan tingkat internasional sudah didapat tentunya sangat luar biasa bukan. Kemampuan mereka memenangkan berbagai ajang nasional dan internasional itu membuktikan bahwa mereka guru tangguh. Jika menilik pada latar belakang pendidikannya pun, tak sedikit diantara mereka yang bergelar Doktor.
Nah, sudah mendapat sedikit gambaran kan Siapa yang bakal kita hadapi dalam ajang seleksi gupres tingkat nasional? Kalau begitu, mari kita persiapkan sejak dini.

2 comments:

  1. kunjungan balik pak guru.. menurut saya, kualitas itu gak ada hubungannya sama lamanya bekerja, kalau bapak berkualitas, kenapa gak coba aja ikutan gupres, bahkan kepala sekolah bapak merekomendasikan bapak untuk ikutan gupres.. salam kenal pak guru..

    jgn lupa mampir ke blog saya ya pak guru hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. yupz...betul banget..tapi begitulah aturannya dik..

      Delete

Jangan lupa komentarnya ya! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan!