Selamat Datang di www.pengingatku.blogspot.com

Wednesday 3 December 2014

KARYA INOVATIF VS PTK

"PTK VS KARYA INOVATIF: MANA YANG DISUKAI?"
Oleh Alamsari, M. Pd.

Sekarang saya tanya, pada suatu ajang lomba ada peserta yang memilih PTK dan ada yang mengirim Karya Inovatif. Nah, kira-kira karya manakah yang berpotensi menang?
Mau tahu? Yuks, disimak dulu tentang Apa itu Karya Inovatif.
Karya Inovatif adalah karya yang merupakan hasil inovasi atau penemuan-penemuan terhadap suatu produk. Bentuk produk yang diciptakan bermacam-macam, Ada yang berupa alat, media, atau penemuan strategi/metode pembelajaran.
Nah, lalu manakah yang lebih disukai juri antara PTK dan karya inovatif?
Menurut sepengetahuan saya, juri akan lebih terpikat dengan karya inovatif. Loh, kok bisa?
Ya, bisa dong! Satu hal yang membuat karya inovatif lebih unggul karena karya inovatif memiliki produk yang dihasilkan sedangkan PTK tidak. Produk pada karya inovatif lebih bermanfaat secara luas sedangkan hasil PTK hanya bermanfaat skala kecil (di kelas dan di sekolah serta berlaku pada waktu itu saja).
Dari beberapa ajang lomba bergengsi, sepengetahuan saya karya inovatif selalu nangkring pada urutan teratas. Nah loh! Jadi bingung kan? Kalau gitu buat karya inovatif atau PTK ya?
Eits, tidak usah bingung. Bergantung kemampuan kamu. Kalau kamu sanggup membuat karya inovatif ya, monggo. Kalaupun sanggupnya cuma buat PTK ya tak apa-apa.


KARYA INOVATIF SEPERTI APA YANG DISUKAI?" Sudah tahu kan bahwa karya inovatif memiliki nilai jual tinggi buat memikat hati dewan juri dibandingkan PTK. So, apakah karya inovatif sudah pasti unggul dibandingkan PTK?
Ya, tidak juga sih. Walau memang karya inovatif lebih disukai bukan berarti setiap karya inovatif bakalan unggul. Nah, lalu, karya inovatif seperti apa sih yang unggul itu?
Tidak semua karya inovatif unggul. Sama halnya seperti PTK, karya inovatif YANG TIDAK BIASALAH yang berpotensi menang. Maksudnya, karya inovatif yang kita buat haruslah karya yang benar-benar belum ada sebelumnya atau boleh hasil pengembangan dari karya yang ada. Nah, apa pula itu pengembangan?
Pengembangan maksudnya kita membuat produk yang sama dengan produk yang ada namun disertai penambahan-penambahan fungsi, alat, atau kegunaan tertentu. 

KARYA INOVATIF JAWARANYA LOMBA"
3:1--Umumnya dalam memenangi lomba karya inovatif berpeluang tiga kali lebih besar dibanding PTK. Bahkan, karya inovatif yang sederhana sekalipun akan mampu bersaing dengan PTK yang berkualitas jitu. Masalahnya, rata-rata guru mata pelajaran umum jarang yang mampu berinovasi membuat karya inovatif. Justru, keberuntungan bagi guru-guru SMK karena mereka tampaknya sudah terbiasa berinovasi. Hal itu mungkin disebabkan karena guru-guru SMK adalah guru produktif yang hampir setiap hari melakukan praktik atau penemuan-penemuan. Dari beberapa ajang lomba skala nasional, rata-rata guru SMK lah yang jadi jawara.
Karya inovatif memang memiliki tingkat kerumitan dan kesulitan tersendiri. Bayangkan "MENCIPTA DARI YANG TIADA MENJADI ADA" tentu sulit bukan? Karya inovatif membutuhkan kemampuan dan keterampilan khusus. Celakanya, keterampilan mencipta karya inovatif hanya dimiliki guru tertentu saja. Sisanya, buanyak banget guru yang tak mampu berinovasi. Berbeda halnya dengan PTK. PTK dapat dilakukan siapapun dan kapanpun. PTK juga tidak membutuhkan kemampuan atau keterampilan khusus untuk membuatnya. Yang penting tahu teori siklus PTK, itu sudah cukup. Nah, kamu pilih yang mana, PTK atau karya inovatif?

No comments:

Post a Comment

Jangan lupa komentarnya ya! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan!