Selamat Datang di www.pengingatku.blogspot.com

Thursday 6 November 2014

INOBEL GURU 2014

FINALIS LOMBA INOVASI BELAJAR GURU TAHUN 2014


Setelah pengumuman Best Practice guru Kemdikbud 2014 beberapa waktu lalu, Sekitar awal Oktober diumumkan pula Finalis Inovasi Belajar Guru Kemdikbud 2014. Seperti yang pernah saya tuliskan bahwa setiap kali hasil finalis tingkat nasional diumumkan, sangat sedikit sekali atau bahkan hampir tak ada perwakilan dari Sumatera Selatan yang dapat menjadi finalis. Baik itu FINALIS BEST PRACTICE GURU TINGKAT SMA atau FINALIS INOBEL GURU TINGKAT SMP 2014. atau
FINALIS INOBEL GURU TINGKAT SD
Jika saya perhatikan, tidak hanya tahun ini saja yang minim finalis SUMSEL. Tahun-ahun sebelumnya pun juga sama. Saya sendiri tahun ini tidak ikut INOBEL 2014. Penyebabnya, syarat administrasi yang ditetapkan lumayan cukup rumit. Ribetnya syarat tersebutlah, yang menyebabkan saya mengurungkan niat ikut INOBEL. 
Kini, tinggal satu event lagi yang belum pengumuman, yaitu Lomba Kreatifitas Guru (LKG) Kemdikbud. Pada LKG ini diikuti oleh semua jenjang pendidikan.

Dari analisa saya, terdapat beberapa penyebab mengapa guru Sumsel minim prestasi tingkat nasional:
1. Guru Sumsel banyak yang kurang update terhadap info-info lomba tingkat nasional.
2. Kurangnya peran serta Pemda untuk mensosialisasikan event-event baik itu tingkat daerah, provinsi, maupun nasional. Hal itu terbukti dengan hampir tidak adanya pemberitahuan terkait lomba-lomba yang diadakan, baik itu pemberitahuan berupa publikasi di web Pemda maupun publikasi ke dinas pendidikan atau sekolah-sekolah.
3. Sangat sedikit atau bahkan tidak ada komunitas guru Sumsel yang sifatnya saling memotivasi untuk terus berprestasi.
Semga saja, ini dapat menjadi cambukan bagi guru-guru Sumatera Selatan yang minim prestasi. Jika dibandingkan dengan daerah tetangga, harus diakui Sumsel tertinggal jauh. Padahal, Sumsel yang begitu luas tentu memiliki guru-guru yang berpotensi.


No comments:

Post a Comment

Jangan lupa komentarnya ya! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan!