Selamat Datang di www.pengingatku.blogspot.com

Thursday 27 November 2014

JENISJENIS LOMBA GURU

"EVENT TAHUNAN"


Tahukah kamu?
Setiap tahun, di Provinsi Sumsel dan juga Kemdikbud selalu mengadakan event perlombaan antar guru. Namun sayangnya, beberapa event tersebut kurang disosialisasikan terutama melalui web atau medsos. Berikut ini event tahunan yang senantiasa diadakan.

TINGKAT PROVINSI SUMSEL
1. LKTI ANTAR GURU dan atau LOMBA MEDIA TIK: lomba ini diadakan sekitar bulan april sampai juli setiap tahunnya. Hadiah yang disediakan lumayan juga loh. Tahun 2015, kita ikutan yuks?


LOMBA KEMDIKBUD TINGKAT NASIONAL
1. LOMBA KREATIFITAS GURU (LKG): Lomba ini boleh diikuti oleh guru2 semua jenjang mulai SLB sampai SMA. Hadiahnya puluhan juta rupiah plus lapetope. Namun untuk menembus lomba ini cukup sulit. Pesaingnya ribuan orang. Tahun 2015, kita ikut yuks?


2. BEST PRACTICE GURU TINGKAT SMA: lomba ini khusus buat guru SMA/SMK. Peluangnya guede loh. Setiap tahun paling hanya sekitar 200 guru saja yang ikut. Yang masuk finalis sekitar 100 orang. Nanti dipilih 10 karya terbaik yang akan mendapat puluhan juta rupiah. Yang SMA, tahun 2015, ikut ya!

3. INOVASI PEMBELAJARAN TINGKAT SD DAN SLTPT: Nah, kalau best practice khusus buat SMA, Inobel khusus buat SD n SMP. Namun sayang, event yang satu ini sedikit yang ikut. Syarat untuk ikut event ini ribet. Tetapi, hadiahnya guede loh. Yg masuk 99 besar bakal dapet duit 8.500 ribu plus lapetope. Dahsyat kan! Saya yakin, kalau guru Sumsel ikut pasti tembus 99 besar. Tahun depan ikut yuks?

4. FORUM ILMIAH GURU (FIG): Nah, event yang satu ini malah asing bangets di telinga kita. Padahal hadiahnya guede loh. Syarat ikut, yakni guru berprestasi atau karya tulis juara 1 dari tiap kabupaten. Tahun 2015, ikut yuks?

5. OSN, ONIP, DAN OSEBI: kalau yang ini khusus buat guru eksak n guru Bahasa serta seni.

6. Kompetisi Microsoft Indonesia: nah yang ini diadain Microsoft Indonesia. Syaratnya kudu bisa bing. Kompetisi ini adalah kompetisi guru dalam bidang TIK. Pemenang akan tanding dg guru2 dari asia lainnya.

Nah, itulah event yang saya ketahui. Mari mulai sekarang kita rencanakan penelitian buat menembus event-event tersebut. Semangat semuanya.

2 comments:

  1. DITUNGGU info2 penyemangat bagi para guru Indonesia di-tengah2 berita2 kurang menyenangkan ...beras plastik...KPO...dll

    ReplyDelete
  2. DITUNGGU info2 penyemangat bagi para guru Indonesia di-tengah2 berita2 kurang menyenangkan ...beras plastik...KPO...dll

    ReplyDelete

Jangan lupa komentarnya ya! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan!