Tuesday, 28 October 2014

Jenis-Jenis Teks

JENIS-JENIS TEKS SESUAI KURIKULUM 2013


Seperti kita ketahui, berdasarkan Kurikulum 2013, pelajaran Bahasa Indonesia mengacu pada pembelajaran berbasis teks. berbagai macam jenis teks dipelajari dan diajarkan kepada siswa. Selama satu tahun, siswa akan dihadapkan pada teks dan teks. Berikut ini adalah jenis-jenis teks yang perlu kita ketahui:

GENRE TEKS BAHASA INDONESIA DALAM KURIKULUM 2013
1. Pengertian Genre
Menurut Martin (dalam Pangesti 2013) genre merupakan serangkaian langkah yang ditempuh untuk
mencapai suatu tujuan sosial yang terwujud dalam bentuk teks lisan, tulis, multimodal (perpaduan teks
tulis, lisan, gambar). Dalam teks terdapat struktur teks dan tekstur (kohesi, appraisa ,hubungan
konjungtif, leksiko-gramatika, dan grafologi (tulis) atau fonologi (lisan).
2. Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Membahas Teks
a. Generic structure (bagaimana teks diorganisasikan).
b. Piranti kohesi (bagaimana gagasan dikaitkan).
c. Kosakata (kata-kata apa yang digunakan dan mengapa).
d. Tatabahasa (bagaimana kata-kata disusun).
e. Intonasi, paragraf, dan tanda baca (bagaimana ide penting disampaikan).
f. Ejaan (bagaimana huruf dirangkaikan).
g. Ciri non-kebahasaan (hal lain yang mempengaruhi makna).
3. Bahasa yang Digunakan dalam Teks
Bahasa yang digunakan dalam teks diwarnai oleh hal-hal berikut ini.
a. Apa yang dibahas (field)?
b. Siapa yang berinteraksi (tenor)?
c. Bagaimana kabar disampaikan (mode).
d. Field, tenor, dan mode ini tercakup dalam konteks sosial masyarakat pemakai bahasa. Pemakaian
bahasa dalam suatu masyarakat sosial didasarkan pada suatu tujuan sosial tertentu.
e. Aspek kebahasaan (struktur bahasa dan fungsinya) dibahas secara kontekstual karena jenis teks
tertentu mempunyai karakter kebahasaan tertentu pula, sesuai konteksnya.
f. Misalnya, teks prosedur menggunakan sederetan kalimat perintah yang tidak dijumpai pada jenis
teks lain.
4. Teks Mendukung Daya Kreatif, Imajinatif, Nalar, dan Kritis Siswa
a. Mengidentifikasi jenis teks, mengetahui aspek pembangunnya, dan mampu mengkreasikan teks
senada dengan pengungkapan yang berbeda dari teks dasar yang dipelajarinya.
b. Ketika mengkreasikan teks dengan judul sama, siswa dapat mengkreasikan jenis teks berbeda baik
dalam kategori kelompok teks sama atau kelompok teks berbeda.
5. Struktur Teks
a. Setiap teks memiliki struktur tersendiri yang satu sama lain berbeda.
b. Struktur teks merupakan cerminan struktur berpikir.
c. Dengan demikian, makin banyak jenis teks yang dikuasai siswa, makin banyak pula struktur berpikir
yang dapat digunakannya dalam kehidupan sosial dan akademiknya.
d. Setiap teks memiliki struktur tersendiri yang satu sama lain berbeda.
e. Struktur teks merupakan cerminan struktur berpikir.
f. Dengan demikian, makin banyak jenis teks yang dikuasai siswa, makin banyak pula struktur berpikir
yang dapat digunakannya dalam kehidupan sosial dan akademiknya.
6. Genre (macam-macam) Teks
a. Teks Prosedur
Fungsi sosial teks prosedur : memberikan petunjuk tentang cara melakukan sesuatu melalui serangkaian
tindakan atau langkah/menunjukkan beberapa tahap sesuai dengan langkah langkah yang telah
ditentukan. Ada perintah, arah, petunjuk, panduan, aturan, dan resep.
Struktur teks prosedur: 1) tujuan kegiatan, b) bahan-bahan, dan c) langkah-langkah.
Ciri-ciri kebahasaan teks prosedur.
1) Pola kalimatnya Imperatif atau kalimat perintah.
Misalnya: ambillah, potong, sambunglah,
2) Pola kalimatnya biasanya connectives, maksudnya untuk mengurutkan kegiatan.
Misalnya: kemudian, setelah itu.
3) Adverbials, yaitu menyatakan rinci waktu, tempat, cara yang akurat.
Misalnya: tunggu beberapa saat.
b. Teks Deskripsi Faktual
• Fungsi sosial: Menggambarkan ciri khas tertentu, tempat, orang, atau benda.
• Teks-teks ini tidak selalu berupa jenis teks 'berbeda dan sering terselip di dalam jenis teks yang
lebih panjang’.
c. Teks Laporan
1) Teks Laporan Informasi
Fungsi sosial: digunakan untuk memberi informasi umum tentang berbagai kelas benda, seperti
ular, kota, komputer, batu, dan lain-lain.
2) Teks Melaporkan Prosedur
• Fungsi sosial: Untuk merekam langkah-langkah yang ditempuh dalam melaksanakan investigasi.
• Khususnya sangat penting untuk merekam pengalaman belajar praktis dalam sains dan
teknologi seperti eksperimen dan pengumpulan data.
3) Teks Melaporkan Fakta
• Fungsi sosial: menceritakan tentang 'apa yang terjadi' dengan mendokumentasikan serangkaian
peristiwa dan mengevaluasi signifikansinya.
• Teks dapat menceritakan sejarah, otobiografi, atau biografi. Selain itu juga dapat digunakan
untuk merekam peristiwa dan pengamatan dalam kunjungan lapangan dan wisata.
4) Teks Pelaporan Sastrawi
Fungsi sosial: untuk menceritakan kembali serangkaian kegiatan dengan tujuan menghibur.
Pelaporan sastrawi melibatkan pengalaman pribadi atau imajinasi.
d. Teks Penjelasan
• Fungsi sosial: untuk menjelaskan secara ilmiah bagaimana fenomena teknologi dan alam
terwujud, bagaimana cara atau hal-hal terjadi.
• Penjelasan sekuensial menekankan pada urutan atau tahap-tahap suatu proses -bagaimana
proses terjadi (misalnya siklus hidup kupu-kupu).
• Penjelasan kausal memberi perhatian penyebab peristiwa-peristiwa -mengapa proses terjadi
(misalnya mengapa gelombang pasang terjadi).
e. Teks Eksposisi
• Eskposisi (penjelasan terperinci/perawian) adalah jenis teks persuasif yang mendebat suatu
kasus atau terhadap suatu sudut pandang tertentu.
• Beberapa eksposisi membujuk pembaca untuk berpikir dengan cara tertentu dengan menerima
teori atau posisi.
• Jenis lainnya membujuk pembaca untuk bertindak dengan cara tertentu.
f. Teks Diskusi
• Fungsi sosial: digunakan untuk melihat suatu masalah dari berbagai perspektif, sebelum
membuat keputusan atau rekomendasi.
g. Teks Deskripsi Sastrawi
• Fungsi sosial: menggambarkan ciri karakteristik dari orang tertentu, tempat atau objek (sering
imajinatif).
• Teks ini tidak selalu merupakan jenis teks yang 'berbeda' dan sering menjadi bagian dalam teksteks
sastra seperti narasi.
h. Teks Narasi
• Fungsi sosial: untuk menyampaikan pesan tentang bagaimana seseorang mengungkapkan
kehidupan yang pernah dialami dalam suatu kejadian. Narasi sering menyampaikan pesan
tentang bagaimana orang-orang diharapkan untuk berperilaku ketika dihadapkan pada jenis
budaya tertentu kita
• Struktur teks narasi: orientasi”, “komplikasi”, “evaluasi”, dan resolusi”.
i. Teks Tanggapan
• Fungsi sosial: untuk meringkas, menganalisis, dan menanggapi sastra, teks karya seni atau
pertunjukan.
• Teks ini dapat beupa respon pribadi atau reviu.
Genre Teks menurut Brian PALTRIDGE 2004
1. Teks Cerita
Teks Cerita Genre Tujuan
Kisahan Menceritrakan
Narasi Menyelesaikan komplikasi dalam sebuah cerita.
Exemplum (bahasa
Itali)
Menilai karakter atau perilaku dalam cerita.
Anekdot Berbagi reaksi emosional dalam sebuah cerita.
2. Teks Tanggapan
Teks Tanggapan Genre Tujuan
Tanggapan Pribadi Bereaksi emosional terhadap teks.
Mereviu Mengevaluasi teks, sastra visual, atau musik.
Panafsiran Menafsir/memaknai pesan sebuah teks.
Tanggapan Kritis Menanggapi pesan teks.
3. Teks Argumentasi
Teks
Argumentasi
Genre Tujuan
Eksposisi Mendebat suatu sudut pandang lingkungan dan
sosial.
Diskusi Mendikusikan dua atau lebih sudut pandang.
4. Teks Cerita Faktual
Teks Cerita
Faktual
Genre Tujuan
Menceritrakan Otobiografi Menceritrakan peristiwa dalam
kehidupan.
Menceritrakan Otobiografi Menceritrakan tahap kehidupan.
Menceritrakan Sejarah Menceritrakan peristiwa sejarah.
Ihwal Sejarah Menceritrakan peristiwa sejarah.
5. Teks Penjelasan
Penjelasan Genre Tujuan
Penjelasan yang Berurut. Menjelaskan suatu urutan.
Penjelasan. Menjelaskan beberapa penyebab.
Penjelasan Sebab-Akibat Menjelaskan efek ganda.
6. Teks Laporan Hasil Observasi
Laporan Genre Tujuan
Laporan dengan Klasifikasi Mengelompokkan jenis dan
menggambarkan fenomena.
Laporan Berdasarkan Unsur Menggambarkan bagian dari
keutuhan.
7. Teks Prosedur
Prosedur Genre Tujuan
Prosedur Bagaimana melakukan percobaan dan
pengamatan.
Penceritaan Prosedur Percobaan dan pengamatan.
Genre Teks menurut Droga, Louis dan Humphrey, Sally. 2005
1. Teks Deskripsi Faktual
Tujuan sosial: menggambarkan ciri khas tertentu, tempat, orang, atau benda. Teks-teks ini tidak
selalu berupa jenis teks “berbeda dan sering terselip di dalam jenis teks yang lebih panjang.
2. Teks Laporan Informasi
Tujuan sosial: laporan informatif digunakan untuk memberikan informasi umum tentang
berbagai kelas benda, seperti ular, kota, komputer, batu, dan lain-lain.
3. Teks Prosedur
Tujuan sosial: teks menunjukkan beberapa tahap sesuai dengan langkah-langkah yang telah
ditentukan. Ada perintah, arah, petunjuk, panduan, aturan, dan resep.
4. Teks Melaporkan Prosedur
Tujuan sosial: untuk merekam langkah-langkah yang ditempuh dalam melaksanakan
investigasi.Khususnya sangat penting untuk merekam pengalaman belajar praktis dalam sains
dan teknologi seperti eksperimen dan pengumpulan data.
5. Teks Melaporkan Fakta
Tujuan Sosial: faktual menceriterakan tentang apa yang terjadi dengan mendokumentasikan
serangkaian peristiwa dan mengevaluasi signifikansinya. Teks dapat menceriterakan sejarah,
otobiografi, atau biografi. Selain itu juga dapat digunakan untuk merekam peristiwa dan
pengamatan dalam kunjungan lapangan dan wisata.
6. Teks Penjelasan
Tujuan Sosial: untuk menjelaskan secara ilmiah bagaimana fenomena teknologi dan alam
terwujud, bagaimana cara atau hal-hal terjadi.Penjelasan sekuensial menekankan pada urutan
atau tahap-tahap suatu proses –bagaimana sutau proses terjadi (misalnya siklus hidup kupukupu).
Penjelasan kausal memberi perhatian penyebab peristiwa-peristiwa –mengapa proses
terjadi ( misalnya mengapa gelombang pasang terjadi).
7. Teks Eksposisi
Tujuan Sosial: eksposisi (penjelasan terperinci/ perawian) adalah jenis teks persuasif yang
berdebat suatu kasus atau terhadap suatu sudut pandang tertentu. Beberapa eksposisi
membujuk pembaca untuk berpikir dengan cara tertentu dengan menerima teori atau posisi.
Jenis lainnya membujuk pembaca untuk bertindak dengan cara tertentu.
8. Teks Diskusi
Tujuan sosial: Diskusi digunakan untuk melihat suatu masalah dari berbagai perspektif,
sebelum membuat keputusan atau rekomendasi.
9. Teks Sastrawi
a. Deskripsi sastra menggambarkan ciri karakteristik dari orang tertentu.
b. Tempat atau objek (sering imajinatif). Jenis ini tidak selalu merupakan jenis teks yang
berbeda dan sering menjadi bagian dalam teks-teks sastra seperti narasi.
10. Teks Naratif
Tujuan sosial: naratif sering digunakan untuk menyampaikan pesan tentang bagaimana
seseorang mengungkapkan kehidupan yang pernah dialami dalam suatu kejadian. Narasi sering
menyampaikan pesan tentang bagaimana orang-orang diharapkan untuk berprilaku ketika
dihadapkan pada jenis budaya tertentu kita.
11. Teks Pelaporan Sastrawi
Tujuan Sosial: untuk menceriterakan kembali serangkaian kegiatan dengan tujuan menghibur.
Pelaporan sastrawi melibatkan pengalaman pribadi atau imajinasi.
12. Teks Tanggapan
Tujuan Sosial: merupakan jenis teks yang digunakan untuk meringkas, menganalisis, dan
mennaggapi sastra, teks karya seni atau pertunjukkan. Teks ini dapat berupa respon pribadi
atau reviu.
Sumber:
1. Droga, Louis dan Humphrey, Sally. 2005. Grammar and Meaning An Introduction for Primary
Teachers. New South Wales, Australia: Target Texts.
2. Kemendikbud. 2013. Permendikbud No. 68 tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur
Kurikulum Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah.

Untuk lebih jelasnya, silahkan bergabung di PPPPTK BAHASA

3 comments:

Jangan lupa komentarnya ya! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan!